Samosir, 7/4 (Antarasumut) - Bupati Samosir, Rapidin Simbolon bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) Dosroha, Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, panen perdana tanaman Kentang, Kamis.
     Panen tersebut hasil dari bibit bantuan Pemkab Samosir melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan tahun anggaran 2015.
     Secara umum, bantuan benih Kentang yang disalurkan Pemkab Samosir tahun 2015 sebanyak 10 ton kepada 26 kelompok tani di Desa Hariara Pintu, Huta Galung dan Partungko Naginjang.
     "Khusus Kelompok Tani Dosroha Desa Hariara Pintu yang beranggotakan 21 KK, mendapatkan bantuan benih sebanyak 400 Kg," sebut Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Rencus Simanjorang.
     Ketua Kelompok Tani Dosroha, Sotan Sihotang menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Samosir yang telah membantu benih Kentang sehingga petani bisa melakukan panen.
     Hanya saja Sotan berharap upaya penanganan dari pemerintah dengan hawa wereng yang mengakibatkan tanaman mati layu dan daun gosong, sehingga hasil panen tidak optimal.
     Bupati menginstruksikan kepada Rencus dan Kepala Badan Ketahanan Pangan, Pelaksana Penyuluhan, Erkanus Simbolon agar secepatnya mengundang dan memfasilitasi seluruh kelompok tani.
     Bupati mengtaakan, Pemkab akan duduk bersama, membicarakan kebutuhan dalam meningkatkan pertanian di kawasan Tele yang merupakan sentra tanaman holtikultura di Kabupaten Samosir.
     "Potensi ini harus kita manfaatkan dengan baik," ujar Bupati.

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016