Lubukpakam, Sumut, 15/7 (Antara) - Petani di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, didorong untuk lebih mengembangkan tanaman pertanian khas daerah itu yang memiliki nilai jual dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat.


Ketua Komisi Penyululuh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Deliserdang Prof Abdul Rauf di Lubukpakam, Jumat mengatakan, Deliserdang memilki potensi besar di bidang pertanian yang harus dikelola dengan sebaik mungkin, sehingga mendapatkan akan mendapatkan hasil yang maksimal.


Tanaman unggulan pertanian yang dapat dikembangkan dan merupakan tanaman khas Deliserdang seperti pisang barangan, salak ponti, dan manggis.


Tanaman pertanian khas tersebut, memiliki nilai jual di pasaran, bahkan sudah dipasarkan ke berbagai wilayah, yang tentunya sangat mendukung dalam upaya peningkatan petani daerah itu.


*Apalagi pengelolaan pupuk organik oleh beberapa kelompok tani sudah berjalan dengan baik. Artinya dengan demikian pengembangan


pertanian sudah didukung dengan ketersediaan pupuk yang baik," katanya.


Untuk mengembangkan potensi pertanian ersebut, pihaknya berupaya


memberdayakan para petani lewat transfer pengetahuan dan teknologi


serta pengalaman  hingga pengetahuan petani juga semakin meningkat terkait pengembangannya.


"Demikian juga dengan tenaga penyuluh pertanian akan terus dimaksimalkan peranya di tengah-tengah petani," katanya.


Bupati Deliserdang Ashari Tambunan mengatakan, pihaknya memberi apresiasi kepada Komisi Penyululuh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan yang telah memberi perhatian bagi upaya meningkatkan kesejahteraan para petani.


Sektor pertanian memang sudah sejak lama menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah itu yang dikenal dengan slogan "Permai` yakni Pertanian Maju Andalan Industri.


Ia juga menyatakan, program Komisi Penyululuh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan diyakini cukup logis untuk dikembangkan, karena Deliserdang memang memilki potensi besar, apalagi didukung pula dengan geografisnya yang strategis dan menjanjikan.


"Untuk itu, kami akan mendukungnya lewat kerja sama instansi  terkait di daerah ini. Sehingga visi-misi pembangunan yaitu Deliserdang yang maju, berdaya saing, religius, dan bersatu dalam kebhinekaan akan segera terwujud," katanya. * 

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016