Dairi, 23/5 (Antarasumut) - Pemkab Dairi mengajukan  pembangunan jalan lingkar Danau Toba sepanjang 41 kilometer di  Silalahi Nabolak Kecamatan Silahisabungan Dairi.

"Pengajuan langsung kepada Presiden Jokowi sewaktu datang ke Sumut bertemu dengan kepala daerah tujuh kabupaten di kawasan 

Danau Toba. Hal itu langsung dipresentasekan Bupati Dairi," kata Kabid Pariwisata Disbudparpora, Dairi Marulak Situmorang.

Panjang jalan lingkar yang diajukan kurang lebih 41 Km mulai dari Desa Paropo sampai ke Dusun Sitio-tio Desa Silalahi II. 

Hal ini merupakan bagian dari pengembangan kawasan Danau Toba yang akan dijadikan sebagai destinasi wisata dunia  "Monaco of Asia" sesuai dengan program pemerintah pusat, terkhusus di Kecamatan Silahisabungan.

Untuk pengembangan objek wisata di Silalahi, banyak hal yang ditawarkan kepada Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba yang disebutkan akan pengelola pariwisata di kawasan Danau Toba, misalnya panorama Silalahi, budaya, situs-situs sejarah.

Pemkab Dairi sudah mulai melakukan pembenahan situs bersejarah seperti Deang Namora di Desa Silalahi II, Aek Sipaulak Hosa di Desa Silalahi I sebagai peningkatan daya tarik para wisatawan.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016