Medan, 31/5 (Antara) - Asian Agri bersama Tanoto Foundation kembali menunjukkan kepedulian di bidangsektor   pendidikan   dengan   membangun   gedung   Usaha   Kesehatan   Sekolah   (UKS)   dan perpustakaan di Sekolah Dasar Swasta Muara Tiga di Desa Batu Anam Kecamatan   Rahuning Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

"Pembangunan Gedung UKS dan Perpustakaan itu merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility)  Tahun  2016    PT. Gunung   Melayu /  PT.  Saudara  Sejati  Luhur  (SSL),  yang merupakan unit bisnis dari   Asian Agri Group ," ujar Head CSR & Sustainability Asian Agri, Welly Pardede  di Rahuning, Asahan, Selasa..

Dia  mengatakan  itu  di  sela   acara   peresmian   Gedung  UKS  dan  Perpustakaan  di  SD   Swasta Muara Tiga di Desa Batu Anam.

Sekolah itu dikelola Yayasan Dharma Bina Warga Asian Agri dengan jumlah murid 313 orang kelas 1 hingga 6.

Sebelum   peresmian,   acara   itu   dimeriahkan   dengan   menjawab   pertanyaan   berhadiah   hinggap ertunjukan tarian Sinanggartullo oleh anak murid sekolah tersebut dan ramah tamah membahas sektor pendidikan antara manajemen Asian Agri Group, pejabat pemerintahan desa / kecamatandan kabupaten, pihak sekolah dan tokoh masyarakat.

Menurut   Welly,   Asian   Agri   tetap   komitmen   membantu   masyarakat   yang   berada   di   sekitar  perusahaan   dengan   pemberian   CSR dengan  enam   bidang mulai    pendidikan,   kesehatan, lingkungan, ekonomi, sosial dan infrastruktur.

"Kali ini Asian Agri Group membangun fasilitas UKS dan perpustakaan di SD Muara Tiga, Batu Anam dengan harapan agar mutu sekolah dan pendidikan anak-anak di kawasan itu semakin baik ke depannya sehingga tidak ketinggalan dibanding murid-murid yang mengecap pendidikan di kota," katanya.   

Dengan   adanya   perpustakaan   diharapkan   minat   baca   semakin   tinggi   di   tengah   anak   didik sehingga bisa juga menjadi penekanan dampak kejahatan seperti narkoba.

Adanya UKS juga diharapkan   bisa  meningkatkan  kemampuan   hidup  sehat  dan   derajat   kesehatan  anak  didik  di sekolah dan lingkungan sekolah yang sehat pula.

"Harapannya   kesehatan   anak   didik   bertambah   baik   sehingga   bisa   menumbuh   kembangkan manusia Indonesia yang berkualitas ke depannya," katanya.

Kepala Sekolah SD Muara Teguh, Agus Rifai, mengatakan, merasa senang mendapat bantuan pembangunan gedung UKS dan perpustakaan di  sekolah itu.  

"Dengan semakin lengkapnya sarana  dan prasarana belajar dan mengajar, maka seklolah yang didirikan   tahun 1985   itu diharapkan   menjadi  semakin  baik   dan tidak  kalah  dengan  sekolah di perkotaan" katanya.

Saat ini, kata dia, sekolah itu menjadi tempat pavorit sehingga banyak orang tua yang bertempat tinggal di luar kebun berkeinginan dan meminta agar anaknya sekolah di SD itu.     

Sebagai kepala sekolah, katanya, dia dan para guru berupaya akan bisa menjaga fasilitas yang terus ditambah Asian Agri.

Pengamatan di lapangan, sekolah itu memiliki sarana dan prasana lengkap dan memadai, mulai dari toilet yang banyak dan terpisah untuk wanita dan pria,i tempat cucitangan dan dengan meja belajar dan kursi yang bagus.  

Tokoh masyarakat  yang  juga menjadi  Kepala  Dusun   V Kecamatan  Rahuning, Asmadi   Lubis juga   mengaku   gembira   dan berterimakasih   karena   bantuan   pembangunan   gedung   UKS   dan perpustakaan dipastikan akan meningkatkan kualitas pendidikan.

Apalagi Asian Agri sebelumnya sudah   melakukan   banyak   kegiatan   atau   progran   yang   membantu   masyarakat   seperti   bedah rumah yang hampir merata di dusun.     

Ka  PT   Kecamatan   Rahuning   Sutrisno,   menegaskan,   bantuan   pendidikan   sangat   membantu pemerintahan di   Asahan.

Alasan dia, CSR yang dilakukan Asian Agri seperti memberi tapak sekolah SMP di kawasan lain  sangat membantu di tengah keterbatasan dana pemerintah dalam  penyediaan berbagai fasiltas untuk kepentingan belajar dan mengajar.

Dia berharap, bantuan Asian Agri tidak berhenti  agar mutu anak didik dan sekolah di daerah juga tidak kalah dengan di kota.

Sutrisno mengimbau agar kepala sekolah dan guru bisa menjaga fasilitas yang dudah dibangiun/diberikan Asian Agri Group.

Dalam  temu  ramah  itu,   Kepala  Desa Batu  Anam  Dianty  E  Damanik,   meminta  agar   semua berperan besar untuk menjaga segala sarana dan prasarana yang dibangun atau diberikan Asian Agri.

"Lingkungan sekolah yang baik sangat berperan   untuk menumbuhkan jiwa dan perilaku yang baik  juga  pada  anak   didik.Dengan  tumbuh  baik   diharapkan  anak   didik  tidak  terjerat dalam narkoba yang dewasa ini sudah sangat mengancam," katanya

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016