Langkat, Sumut, 2/6 (Antara) - Tercatat 285 calon jemaah haji asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) di berbagai bank yang ditunjuk pemerintah dari jumlah jamaah yang berhak melunasi 346 orang.

"Mereka yang melunasi BPIH ini berasal dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat," kata Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kementerian Agama Langkat H. Zulfan Effendi, di Stabat, Kamis.

Jemaah yang berhak nantinya melunasi berdasarkan ketetapan yang sudah ditentukan dari Kementerian Agama untuk Langkat sebanyak 346 orang.

Pelunasan itu untuk tahap pertama dari 19 Mei-10 Juni 2016 nomor porsi sampai dengan 0200097176 yang diperuntukkan bagi yang belum pernah haji menurut data Siskoat.

Sedangkan pelunasan tahap kedua direncanakan 10 Juni-30 Juni 2016 mendatang yang diperuntukkan bagi yang sudah pernah haji dan porsinya masuk keberangkatan tahun 2016, juga jamaah lanjut usia (75 tahun keatas) dan pendamping (mahrom), katanya.

Adapun bank penerima setoran (BPS) untuk calon jemaah haji asal Langkat ini dilakukan di Bank Mualamat Indonesia (BMI), BNI, BNI Syariah, BRI, BRI Syahriah, Bank Syahriah Mandiri (BSM), BTN, Mandiri, Mega Syahriah dan Bank Sumut.

Berdasarkan data pelunasan yang ada pada pihaknya calon jemaah haji yang melunasi di BSM 137 orang, bank Sumut 76 orang, BMI 52 orang, Mandiri 11 orang, BRI delapan orang, dan BNI satu orang.

Jemaah yang terbanyak sudah melunasi BPIH ini berasal dari Kecamatan Stabat 66 orang, Tanjungpura 32 orang, Padang Tualoang 26 orang, Babalan 20 orang, Sawit Seberang 20 orang, Sei Lepan 19 orang, Selesai 19 orang, Pangkalan Susu 14 orang.

Zulfan menambahkan dari 23 kecamatan di Langkat terdapat 21 kecamatan yang mempunyai calon jemaah haji sudah melunasi BPIH, sedangkan dua kecamatan sama sekali belum melunasi yaitu Kecamatan Kutambaru dan Kecamatan Sirapit. 

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016