Tapanuli Selatan,10/5 (Antarasumut)- Gus Irawan Pasaribu, Ketua Komisi VII DPR-RI menyerahkan puluhan alat mesin pertanian kepada puluhan Kelompok Tani (Koptan) di Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa.

Gus Irawan Pasaribu menyerahkan puluhan Hand Traktor tersebut di halaman Kantor Pertanian Kabupaten Tapanuli Selatan atas bantuan dari Kementrian Pertanian RI, Selasa.

"Terwujudnya bantuan ini tidak lepas andil dirinya (Gus) dan Edi Prabowo (Fraksi Gerindra) yang duduk di Komisi IV DPR-RI kepada Kementerian," kata Gus Irawan.

Gus berharap melalui bantuan ini produksi petani bertambah yang berimbas kepada naiknya kesejahteraan dan ekonomi  petani Tapanuli Selatan.

"Dengan hand traktor tenaga petani tidak lagi begitu terkuras dalam mengolah lahan pertaniannya dengan menggunakan cangkul," sebutnya.

Bahkan  struktur tanah lebih optimal dari hasil olahan alat alat mesin pertanian yang pada gilirannya hasil produksi juga bisa meningkat.

Hand traktor bantuan kementerian pertanian tersebut berjumlah sekitar 20 unit kapasitas 6-6,5 PK dan 33 unit berkapasitas 8 PK.

Hand traktor secara simbolik diserahkan Gus Irawan kepada 10 kelompok tani Tapanuli Selatan yang disaksikan Kadis Pertanian Tapsel Bismark M Siregar dan sejumlah staf dan karyawan.

Antara lainnya Koptan Sukamaju, Mitra, Satahi, KWT Mawar dan  Sepakat dari Kecamatan Tantom Angkola, Sipirok, Sayur Matinggi dan Kecamatan Arse.

Kadis Pertanian Tapanuli Selatan, Bismark M Siregar mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas bantuan yang secara simbolik diserahkan salah satu putera terbaik Tapanuli Selatan, Gus Irawan Pasaribu.

"Atasnama Pemkab Tapsel saya berterimakasih atas bantuan ini semoga produksi petani daerah ini dapat meningkat,"kata Bismark.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016