Medan, 5/5 (Antarasumut) - Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengimbau pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan Tapian Daya sebagai tempat promosi hasil produk secara berkelanjutan.
 
Imbauan itu disampaikan Tengku Erry Nuradi saat membuka kegiatan Sumatera International Expo (Sumex) 2016 di Lapangan Merdeka Medan, Kamis.
 
Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah menyiapkan lokasi representatif di Tapian Daya, Jl Gatot Subroto Medan sebagai tempat pameran referentatif.
 
"Kita juga telah memiliki agenda tahunan yakni Pekan Raya Sumatera Utara yang berlangsung selama satu bulan penuh. Sedangkan 11 bulan lainnya hanya terbiar begitu saja. Untuk kedepan, ini tidak boleh terjadi lagi. Lokasi PRSU itu dapat dimanfaatkan sebagai tempat pameran UMKM Sumatera Utara,” sebut Erry.
 
Erry juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemko) telah memiliki paviliun dengan corak dan arsitektur khas daerah masing-masing yang menggambarkan keragaman Sumut.
 
“Tapian Daya merupakan miniatur Sumatera Utara. Ada paviliun tiap daerah yang menjadi tempat pameran produk unggulan masing-masing daerah. Saya berharap, pavilion itu tidak hanya dimanfaatkan saat berlangsung event PRSU saja, tetapi sepanjang waktu dan berkelanjutan,” harap Erry.
 
Lokasi tersebut, sebut Erry, juga memberi ruang kepada pelaku UMKM untuk menggelar kegiatan yang dapat mendorong minat beli masyarakat, baik domestik maupun dari internasional.
 
Erry juga mendorong UMKM untuk menembus pasar dunia dengan melibatkan diri ikut pameran di sejumlah negara. Strategis tersebut dinilai berpotensi dalam menggaet minat masyarakat internasional menggunakan produk UMKM Indonesia.
 
“Hasil maupun produk unggulan perlu dipamerkan sehingga membuka peluang untuk bersaing. Jika perlu produk-produk unggulan ini bisa dipamerkan di luar negeri untuk menarik minat beli para buyer dari luar negeri,” ungkap Erry.
 
Tidak lupa Erry mennyatakan apresiasi atar terselenggaranya Sumex 2016 dengan tujuan memajukan ekonomi dan menumbuhkan industri kreatif di kawasan regional Sumatera.
 
“Kegiatan ini tentunya dapat menjadi sarana untuk mempromosikan  seluruh potensi maupun produk unggulan yang ada di Sumut seperti bidang ekonomi, pertanian, perikanan pariwisata maupun lainnya,” ujar Erry.
 

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016