Gunungsitoli, 14/4 (Antarasumut) -Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs.Edison Ziliwu, MM, M.Si ditetapkan sebagai pelaksana harian Wali Kota Gunungsitoli. 

Penetapan Sekda Kota Gunungsitoli sebagai Plh Wali Kota Gunungsitoli berdasarkan radiogram Gubernur Sumatera Utara nomor 131/265.

Radiogram Gubernur Sumatera Utara tanggal 13 April 2016, berisi tentang berakhirnya masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli. Karena jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah kosong, maka Sekda melaksanakan tugas setiap hari Wali Kota dan Wakil Wali Kota sampai ada kebijakan pemerintah yang berwenang.

Pada acara serah terima jabatan antara mantan Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Si kepada Drs.Edison Ziliwu, MM, M.Si di Aula Samaeri, kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu, Drs.Edison Ziliwu, MM. M.Si mengaku kaget dan tidak tahu jika diangkat sebagai Plh.Wali Kota Gunungsitoli.

Dia baru tahu diangkat sebagai Plh Wali Kota Gunungsitoli, setelah ada yang memberitahu jika ada radiogram Gubernur Sumatera Utara, Selasa. Dalam radiogram Gubsu, dia jadi Plh.Wali Kota Gunungsitoli, dan melaksanakan tugas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli.

“Mendengar kabar ada radiogram Gubernur Sumatera Utara, saya langsung menghadap Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp, dan beliau meminta saya melaksanakan. Selasa sore saya langsung berangkat ke Medan meminta petunjuk, dan saya diperintahkan melaksanakan tugas sebagai Plh.Wali Kota Gunungsitoli,” jelas Drs.Edison Ziliwu, MM, M.Si.

Namun, dia berharap pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli tidak lama, karena dia tidak ingin menanggung beban terlalu lama. Menurut dia, fungsi pelaksana harian ada keterbatasan, dan juga harus merangkap jabatan sebagai Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekretaris Daerah.

Sebelumnya, Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Si memberitahu, apa yang dilaksanakan saat ini merupakan amanat undang undang. Yang terjadi saat ini juga momentum yang sangat jarang, karena tidak biasanya Wali Kota definitif sertijab dengan Sekda.

“Ini momentum yang sangat jarang, karena tidak biasanya Wali Kota definitif sertijab dengan Sekda. Jauh lebih indah jika Wali Kota yang mengakhiri jabatannya melakukan sertijab dengan Wali Kota terpilih,” ujar Drs.Martinus Lase, M.Sp.

Martinus Lase juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan, dan kepada lembaga DPRD Kota Gunungsitoli. 

Atas bantuan dan kerjasama yang baik selama lima tahu, dia bersama wakilnya dapat melaksanakan tugas dan menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan lancar untuk kesejahteraan masyarakat.  

Kepada pimpinan SKPD, dia berpesan agar loyalitas yang diberikan selama ini kepada dia ketika menjabat sebagai Wali Kota Gunungsitoli, juga diberikan kepada pelaksana harian Wali Kota Gunungsitoli.

Pewarta: Irwanto Hulu

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016