Langkat, Sumut, 11/4 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menerima bantuan satu unit mobil Dapur Umum Lapangan dan satu unit sepeda motor trail dari Kementerian Sosial RI.

"Bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) ini kita terima guna difungsikan untuk menanggulangi musibah bencana alam yang terjadi di daerah ini," kata Bupati Langkat Ngogesa Sitepu di Stabat, Senin.

Bupati menjelaskan, bantuan dari Kemensos tersebut nantinya akan dipergunakan oleh Kantor Sosial Pemkab Langkat guna memberikan bantuan dapur umum kepada warga korban bencana bila sewaktu-waktu terjadi di wilayah itu.

"Bantuan Kemensos tersebut berdasarkan wilayah geografis dan tofografi Langkat yang beragam, dimana sebagiannya adalah wilayah rawan bencana seperti banjir dan angin puting beliung," katanya.

Menurut dia, apabila terjadi musibah bencana alam, mobil dapur umum lapangan itu dapat beroperasi ke daerah tersebut untuk memberikan bantuan pelayanan konsumsi bagi para korban bencana alam.


"Ini langkah baik bagi Pemkab. Langkat kedepannya, kesigapan dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi di Langkat akan sedikit teratasi melalui bantuan yang diberikan Kemensos tersebut," katanya.

Bupati berharap Kantor Sosial Langkat dapat menjaga pemberian pemerintah pusat itu dengan baik dan mampu menggunakan mobil tersebut sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Kantor Sosial Langkat juga diharapkan dapat cepat mengatasi dan memberikan tanggap terhadap situasi sebagai bukti pelayanan kepada seluruh masyarakat Langkat.

Kepala Kantor Sosial Langkat Rina W Marpaung menjelaskan, mobil dan sepeda motor tersebut nantinya diperguanakan di setiap kejadian bencana alam yang terjadi di wilayah itu guna memberikan bantuan makanan cepat saji kepada warga.

"Mobil dapur umum lapangan dan sepeda motor ini akan kita manfaatan sebesar-besarnya bag kepentingan pelayanan pada wilayah bencana," katanya. 

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016