Sidikalang, 5/3 (Antarasumut) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diminta untuk menambah Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) ke Kabupaten Dairi. 

"Apalagi BKP 2015 tidak ada, ada pun BKP 2016 untuk program pembayaran hutang kepada kabupaten/kota. Sehingga BKP rasional baru didapat pada tahun 2017 yang akan datang," kata Anggota DPRD Sumut Leonard Samosir, Sabtu.

BKP yang diberikan kepada Kabupaten Dairi sudah bisa difungsikan untuk membangun dari berbagai infrastruktur nantinya. 
Dari hasil resesnya, Leonard mengatakan, banyak keluhan masyarakat Dairi, misalnya, tiga kecamatan di Dairi saat ini mengalami kekurangan air bersih yakni, Kecamatan Tanah Pinem, Tiga Lingga, Gunung Setember.

Sehingga, masyarakat di tiga kecamatan tersebut sangat membutuhkan pembangunan embung untuk menampung air. 

Padahal, ketiga kecamatan tersebut merupakan penghasil jagung terbesar di Dairi. Kabupaten Dairi salah satu kabupaten penghasil jagung terbesar di Sumut.

Selain itu, tiga kecamatan ini juga mengalami dampak Sinabung, akibatnya dalam beberapa kali panen petani mengalami penurunan hasil. 

Akibatnya petani mengalami kerugian besar. Dengan demikian, kata Leonard masyarakat Dairi terkhusus di tiga kecamatan tersebut mengharapkan bantuan bibit jagung dari pemerintah pertanian melalui dinas terkait.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016