Medan, 4/4 (Antarasumut) - Pagelaran perdana Festival Senam Jantung (FSJ) 2016 yang dilaksanakan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara, berlangsung sukses dan lancar di lapangan Merdeka Medan, Sabtu (2/4/2016) pagi.

Panitia menyongsong tema: "Dengan Jantung yang Sehat, Ciptakan Pelopor Gaya Hidup Sehat", 

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, MSi saat membuka FSJ 2016 se Sumatera Utara, mengatakan penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan kematian yang dialami oleh sebagai besar masyarakat, penyakit ini akibat dari pola hidup yang tidak sehat, yakni kurangnya berolahraga serta ketidakpahaman masyarakat dalam hal mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah sejak dini.

Dalam menunjang hidup sehat lanjut Eldin, pemerintah kota telah menyediakan beberapa fasilitas taman kota yang rindang dan dilengkapi dengan peralatan olahraga, dan dapat dimanfaatkan untuk berolahraga sambil berekreasi bersama keluarga.

" ini menjadi komitmen kami dalam meningkatkan derajat kesehatan serta index happiness seluruh masyarakat," ujar Eldin.
Hadir Pembina YJI Cabang Utama Provinsi Sumut Nyonya Wahyu Adi Pranoto, mewakili PTPN IV, mewakili Pangdam I/ BB, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr. Raden Roro Siti Hatati, sejumlah pimpinan Rumah Sakit dan Pengurus YJI Cabang Utama Provinsi Sumut serta peserta FJS 2016.

Ketua YJI Cabang Utam Provinsi Sumatera Utara ErwIn Nasution (Dirut PTPN IV), yang diwakili Prof. Dr. Sutomo Kasiman, SPj mengatakan YJI punya visi untuk penyuluhan tentang pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah yang sangat membahayakan, juga melakukan upaya-upaya seperti dengan melakukan senam dan berolahraga.

"Kami terus mengajak masyarakat untuk sama-sama mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah ini, memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat, selain mengajak masyarakat senam jantung sehat, juga kami melakukan pelatihan kepada tentor senam," ujar Sotomo Kasiman.

Sementara Ketua Panitia Eka Susila, MT melaporkan bahwa FSJ 2016 ini dengan tiga katagori yakni katagori Senam Jantung Sehat (SJS) seri III bagi masyarakat umum diikuti 17 tim, katagori Lompat Tali Jantung Sehat (LTJS) bagi SMA dan remaja diikuti 13 Tim dan katagori Senam Hip Heart bagi tingkat SD dan SMP diikuti 10 tim.

Sebelumnya pelatihan untuk instruktur SJS seri III telah dilaksanakan pada bulan Juni 2015, untuk instruktur senam Hip Heart pada bulan Januari 2015 serta instruktur LTJS seri II pada bulan Pebruari 2016 yang lalu.

Melalui event ini kesemua pelatihan dievaluasi dalam bentuk kompetisi FSJ 2016, dengan tujuan untuk melihat sejauh mana hasil pelatihan yang telah diterapkan di KJS dan KJR  baik di instansi pemerintah/ swasta maupun di tengah-tengah masyarakat.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016