Tebingtinggi,16/3(Antarasumut) - Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan membuka Musrenbang RKPD yang digelar di Gedung Balai Kartini, Rabu.

Dalam kesempatan itu ia mengatakan musrenbang ini harus dilakukan dengan benar, sebagai lanjutan dari mulai tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi dan sampai ketingkat nasional, sebagai perwujudan dari pembangunan yang berasal dari Buttom up, makanya jangan ada perencenaan yang masuk ditengah jalan.

Untuk itu rencana pembangunan yang dilakukan harus serasi, selaras dan sejalan dengan RPJM nasional yang sesuai dengan program Nawa cita 2014-2019,ujarnya.

Ia mengingatkan tahun 2017 akan memasuki era baru, dimana Tebing Tinggi akan melaksanakan Pemilihan Umum Walikota yang akan dilaksanakan pada Perbuari 2017, dan dana untuk keperluan tersebut harus ditampung dalam P.APBD.

Dan perlu diketahui bahwa untuk jabatan Kepala Daerah hasil Pemilukada 2017 masa bhaktinya hanya 4 tahun, bukan 5 tahun, karena masa bhaktinya sampai 2021, yang selanjutnya akan dilaksanakan pemilihan Kepala Daerah secara serentak untuk Gubernur,Bupati dan Walikota secara nasional.ujarnya.

Dikatakannya, secara umum PDRB Kota Tebing Tinggi sudah bergerak kearah yang benar dan ini harus dilanjutkan dan dipertajam melalui program pembangunan yang disusun dalam musrenbang,dan kontribusi besar pada sektor bidang Usaha besar,jasa RS,Rumah Makan.

Kedepannya Kota Tebing Tinggi sebagai Supporting City adanya proyek nasional Pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei dan dijadikan Kota Tebing Tinggi sebagai daerah pertumbuhan ekonomi untuk wilayah barat, menjadi sebuah peluang pertumbuhan Kota Tebing Tinggi kedepannya, dan peluang ini harus disahuti dengan cerdas.

Disebutkannya, Pembangunan yang akan dilakukan tidaklah mungkin mampu hanya dipikul oleh APBD Tebing Tinggi, melainkan harus dibantu melalui dana APBD Provsu dan APBN, namun hal itu hanya dapat dilakukan dengan eplaning, tanpa planing yang jelas mustahil akan dibantu.

Pembangunan Pendidikan, Kesehatan, penyediaan lapangan kerja merupakan bagian-bagian yang harus menjadi perahtian demikian juga pada sektor pertanian dan pengentasan kemiskinan, ujarnya.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016