Medan, 4/3 (Antara) - Minat warga Sumatera Utara, khusunya Kota Medan untuk berkunjung ke Jepang dinilai cukup tinggi, untuk kunjungan wisata maupun melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi di negeri "matahari terbit" itu.


Konsul Jenderal Jepang di Medan, Hirofumi Morikawa, Jumat mengatakan, pihaknya menilai antusisme warga Sumatera Utara cukup tinggi untuk datang ke negaranya, terutama saat musim liburan, yang ditandai dengan banyaknya warga yang mengurus visa.


"Beberapa hari lalu saja ada 140 orang yang mengurus visa kunjungan ke Jepang. Apalagi memang untuk mengurus visa tidak sulit dan cepat," katanya.


Tingginya minat warga Kota Medan untuk berkunjung ke negaranya dinilai tidka terlepas juga gencarnya promosi yang dilakukan biro-biro perjalanan dengan menawarkan perjalanan ke beberapa daerah wisata lengkap dengan tour budayanya.


"Banyak yang datang ke Jepang ingin melihat berkembangnya bunga sakura dan melihat beberapa festival budaya yang digelar di beberapa kota di Jepang," katanya.


Terkait pelajar asal Sumatera Utara yang melanjutkan studi di Jepang, menurut dia cukup tinggi, seiring banyaknya program-program studi menarik yang ditawarkan beberapa perguruan tinggi di negara tersebut, lengkap dengan beasiswa (monbukagakusho) bagi lulusan SMA .


"Seperti misalnya program teknik mesin, bahasa dan sastra, desain baju, tata rambut. Namun secara pasti berapa jumlah pelajar asal Indonesia ataupun sumut yang belajar di Jepang saya tidak ingat," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016