Jakarta, 2/3 (Antara) - Menteri Dalam Negeri Tjhajo Kumolo mengatakan Kartu Identitas Anak yang akan dibuatnya untuk kepentingan bagi negara terkait data rincian penduduk anak-anak.

"Itu (KIA) untuk mempertegas data kami terkait berapa jumlah anak-anak, jenis kelamin laki-laki berapa, perempuan dan yang sekolah berapa jumlahnya," katanya di Gedung DPD RI, Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakannya saat Rapat Kerja Komite I DPD dengan Mendagri beserta jajarannya.

Dia mengatakan program itu akan dijalankan di 50 daerah tingkat II (kabupaten/kota) dengan anggaran Rp8 miliar. Menurut dia, tidak mungkin seorang pelajar membawa Kartu Keluarga (KK) untuk berbagai keperluan, sehingga diperlukan KIA untuk semua keperluan.

"Misalnya, untuk keperluan menabung yang memerlukan identitas bagi seorang pelajar. Namun, yang penting untuk data kami," ujarnya.

Tjahjo mengatakan KIA bukan ide baru dari Kemendagri, namun selama ini ada 10 daerah di Tingkat II (kabupaten/kota) menerapkan hal tersebut dengan berbagai macam jenis dan variasi.

Menurut dia, Kemendagri berkepentingan untuk menyamakan KIA itu secara lebih luas lagi, sehingga data penduduk anak-anak nasional bisa dipenuhi.

"Ada 10 daerah tingkat II sudah menerapkan KIA, modelnya macam-macam sehingga kami rangkum menjadi satu," ujarnya.

Dia mengatakan program itu mengadopsi 10 daerah yang sudah menjalankannya seperti Yogyakarta, Bantul, Bukittinggi, Makassar, Solo dan juga negara lain seperti Malaysia juga sama sudah memilikinya.

Selain itu dia mengatakan, KIA itu diperuntukkan bagi penduduk yang berusia dibawah 17 tahun yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Jujur baru 30 persen penduduk Indonesia yang mempunyai akta kelahiran, padahal akta itu penting," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016