Percut Seituan, 12/2 (Antarasumut) - Bupati Deliserdang  Ashari Tambunan menyambut  kunjungan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dengan suguhan  kesenian reog ponorogo muda mudi  Desa Kolam Percut Sei Tuan.

Kunjungan tersebut dalam rangka  penyerahan bantuan  22 Handtracktor kepada tiga Kelompok Tani sekaligus berdialog langsung dengan masyarakat tani, di  areal per sawahan  yang sedang musim  panen yang luasnya  mencapai 600 Ha  dengan  pola Panen   langsung  tanam di  Desa Tanjung Rejo , Kamis (11/2).

Mentan RI  mengingatkan kepada Pemda maupun Bulog untuk menjaga   harga gabah di tingkat  petani  dapat dijaga  agar tidak jatuh  seperti belakangan ini .

Terjadinya  selisih harga  gabah/beras  di petani dan dipasar itu menunjukkan  pedagang /dipertengahan yang  beruntung menurut Mentan ini di Deli serdang  umumnya di sumut harga gabah  Rp 3.800 per kg.   

Penjagaan  harga gabah tidak turun di petani  sangat penting agar  masyarakat  terus berminat  bertanam padi yang pada gilirannya  produksi dan kesediaan  bahan pangan terjaga di negeri ini dan petani  bertambah sejahtera demikian juga  impiort beras pun bisa kita tekan.

Kelompok tani  Desa  Tanjung Rejo  dengan juru bicara  Marman,Gino dan Ibu Adek , menyampaikan  usulan dan masukan bagi  upaya  peningkatan   produksi pangan  mereka berupa  usulan   bantuan sarana  alat tanam, tracktor dan  tresser.

Demikian juga pembuatan pintu-pintu klep di saluran pembuangan daerah irigasi Bandar sidoras  untuk menahan air pasang laut  agar air asin tersebut  tidak  sampai ke areal pertanian yang diperkirakan mencapai  3.017 Ha.

Menanggapi hal itu Mentan  RI  merespon  usulan  kelompok tani tersebut , kita  akan bantu yang  penting  kita semua  petani harus sungguh-sungguh, sedangkan permintaan  pembuatan  pintu klep yang memakan biaya miliyar  tersebut  kita  lakukan dulu perencanaan secara terkoordinasi   dengan  intansi teknis/ terkait demikian juga dengan Bupati Deli Serdang.

Sementara Bupati Deli Serdang H  Ashari Tambunan menyampaiakan terimakasih atas kunjungan dan pemberian alat pertanian  kepada masyarakat petani .

Hal itu tentunya dapat memberi motivasi  bagi upaya  peningkatan produksi petani  sehingga  kesejahteraannya pun ikut meningkat .

Mengingat lahan pertanian  di Deli  Serdang  yang mencapai  42,242 Ha yang merupakan salah satu lumbung padi di Provinsi Sumatera Utara, karena pada tahun 2014 yang lalu produksi beras di daerah ini mencapai 278 ribu ton lebih, sedangkan konsumsi beras sebesar 251 ton lebih, surplus sebesar 26 ribu ton  lebih.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016