Tapanuli Selatan 11/2 (Antarasumut)- Kepala Sub Direktorat Pengawas Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara, Kementrian ESDM, Eko Gunarto, mengatakan bahwa peningkatan kompetensi tenaga kerja dan K3 berkaitan erat dengan produktivitas kerja yang berdampak langsung terhadap perusahaan.

“Tuntutan standarisasi penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) dari masyarakat dan negara-negara lain akan semakin meningkat. Mereka tentunya akan memilih perusahaan yang benar-benar menerapkan standar mutu dan standar SMK3 dalam seluruh kegiatan produksinya,” ujar Eko Gunarto.

Perusahaan Tambang Emas mendapat “Penghargaan Kecelakaan Nihil” (Zero Accident Award) Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri melalui Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI no 358 tahun 2015 pada 31 Agustus 2015 atas prestasi PT Agincourt Resources dalam melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Prestasi yang dicapai adalah 4.207.320 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja terhitung 1 Januari 2012-31 Desember 2014.

Manajemen Tambang Emas Martabe menerapkan 12 aturan utama (Safety Golden Rules) di bidang keselamatan kerja. Sepanjang 2015, manajemen Tambang Emas martabe telah menyelenggarakan 117 pelatihan di bidang keselamatan kerja. Beberapa di antaranya wajib diikuti oleh semua karyawan operasional.

Program Pelatihan Keselamatan Dasar mencakup modul-modul mengenai bekerja di ketinggian, bekerja di tempat terbatas, izin kerja dasar serta analisa keselamatan kerja dan lingkungan. Sekitar 1.600 dari 2400 karyawan Tambang Emas Martabe berasal dari masyarakat sekitar dan hampir semuanya memulai pekerjaan tanpa pengalaman di bidang operasional tambang. Oleh karena itu, pelatihan adalah komponen terpenting dalam sistem pengelolaan keselamatan kerja.

Tambang Emas Martabe memiliki divisi pelatihan yang berdedikasi untuk menyediakan pelatihan keselamatan berbasis risiko. Pelatihan dan penyegaran pelatihan K3 ini diberikan secara reguler agar karyawan operasional dapat selalu mematuhi aturan keselamatan dan kesehatan kerja selama bekerja.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016