Nias, 2/2 (Antarasumut) -Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM memberikan penghargaan kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS)di Kabupaten Nias. 

Penghargaan kepada SKPD dan PNS terbaik, diserahkan langsung Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM pada upacara yang digelar di lapangan Merdeka, Kelurahan pasar, Kota Gunungsitoli.

Sebelum menyerahkan penghargaan, Bupati Nias memberitahu, selain untuk mempertahankan rasa nasionalisme, upacara bendera juga untuk menghormati bendera kebangsaan Republik Indonesia.

Dalam pelaksanaan upacara pendera awal bulan Februari 2016, ada dua agenda penting yang akan dilaksanakan. Agenda pertama adalah memberikan penghargaan kepada SKPD berkinerja dan PNS terbaik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias.

Tujuan pemberian penghargaan kepada SKPD berkinerja, supaya SKPD dapat meningkatkan kinerja dan akuntabilitas, dan penilaian yang dilakukan ada 5 aspek yakni persentase capaian Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Tahun Anggaran 2014, persentase capaian LKPJ tahun 2014, persentase capaian kinerja SKPD Laporan Kerja (LK) tahun 2014, laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan
laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2014.

Sedangkan pemberian penghargaan kepada PNS terbaik tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi dan kinerja para PNS yang berada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nias. 

Pemilihan dan Penetapan PNS terbaik dititikberatkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan Bupati Nias Nomor 21 Tahun 2015 tentang mekanisme penilaian dan pemberian penghargaan kepada PNS terbaik dan berprestasi pada Pemerintah Kabupaten Nias.
 
Adapun SKDP berkinerja terbaik tahun 2015 yang menerima penghargaan dari Bupati Nias yakni : Terbaik 1 adalah Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana, terbaik II Badan Pelayanan Perizinan Terpadu, terbaik III Badan Penelitian, Pengembangan dan Statistik, terbaik IV Sekretariat Daerah, terbaik V Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral.

Terbaik VI Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, terbaik VII Dinas Pendapatan, terbaik VIII Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal, terbaik IX Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi dan terbaik X Dinas Koperasi dan UKM.

Untuk kategori PNS terbaik dan berprestasi, diterima oleh Ramilia Lase, A.MK yang bertugas sebagai kepala seksi Perawatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Gunungsitoli, Toharudin, SS yang bertugas sebagai kepala bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi masyarakat pada BPMDK Kabupaten Nias.

Kemudian Nuniana Hia, AMK, S,KM yang bertugas sebagai kepala bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi pada Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana, dan Efori Telaumbanua, ST, M.Si yang bertugas sebagai Kasubbid Pengadaan dan Pensiun pada BKD Kabupaten Nias.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016