Tebing Tinggi,18/1 (antarasumut) - Dari kasus-kasus yang disidangkan di Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Deli, selama tahun 2015 kasus Narkoba masih mendominasi, dan selalu terkait dengan tindakan pencurian dengan kekerasan (curas).

Demikian dikatakan Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Ny.Riana Pohan SH.MH dalam kegiatan Coffee Morning Pemerintah Kota bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat, agama, ormas dan parpol yang dipandu langsung Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan senin (18/1) di Gedung Hj.Sawiyah.

Disampaikan Ketua PN, ada terjadi penurunan kasus yang disidangkan di PN Tebing Tinggi selama tahun 2015 683 kasus dibanding tahun sebelum 2014 710 kasus dan ini tidak saja untuk Wilayah hukum Kota Tebing Tinggi tetapi juga sebagian wilayah hukum serdang bedagei.

Dari kasus yang disidangkan di PN Tebing Tinggi kasus narkoba yang terbanyak, kemudian disusul dengan kasus Pencurian dengan Kekerasan (Curas), dan kasus Curas tersebut faktor yang mendorong terjadinya disebabkan oleh penggunaan narkotika, ujarnya.

Dikatakannya kasus masalah kejahatan terhadap anak-anak kian hari semakin menurun, berkat adanya keterlibatan para pemuka masyarakat, camat dan lurah serta aparat hukum ditingkat kecamatan dan kelurahan ikut berperan menyelesaikan permasalahan yang dilakukan anak-anak, hingga tidak harus sampai ke pengadilan, hingga terjadi penahanan terhadap anak di LP.

Saya menyampaikan apresiasi kepada semua elemen masyarakat yang ikut membantu hal tersebut, dan ini merupakan suatu indikator warga semakin pahan terhadap hukum.

Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan, atas nama tokoh agama,masyarakat menyampaikan apresiasi kepada Ny.Riana Pohan yang berani memberikan vonis 15 tahun kepada bandar narkoba Tebing Tinggi RF, kami bangga dan salut kepada ibu, ujar Umar yang mendapat aplus dari peserta coffee morning.

Disampaikan Walikota informasi bahwa Ny.Riana Pohan akan mengakhiri masa tugasnya di Tebing Tinggi pada bulan Februari 2016 ini dan mendapatkan promosi di Medan dan kita doakan semoga ibu ketua ini karirnya semakin baik.

Pada coffee morning tersebut Kapolres AKBP menyampaikan tentang kasus yang menonjol di Tebing Tinggi yang terjadi terakhir perampokan manager SPBU, dan secara umum situasi Kamtibmas di Wailyah hukum Polres Tebing Tinggi relatif aman dan terkendali.

Kasdim 0204-DS Mayor Inf.Thamrin Hasibuan menyoroti tentang budaya bangsa yang kian hari semakin merosot karena terpengaruh oleh kondisi jaman, dan untuk kedepan mari terus kita menjaga budaya bangsa yang bermoral, beretika dan ramah tamah serta kegotong royongan kita bangkitkan lagi.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016