Medan, 18/1 (Antara) - Camat se-Kota Medan diminta untuk mengaktifkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan di daerahnya masing-masing demi tetap terjaganya kondusivitas dan kenyamanan bagi warga.


Penjabat Wali Kota Medan Randiman Tarigan, Senin, mengatakan, pihaknya telah meminta camat dan lurah di jajaran pemerintahan daerah setempat agar kembali mengaktifkan siskamling.


Apalagi saat ini dinilai begitu banyak modus-modus kejahatan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat, bukan hanya malam hari namun juga kerap terjadi pada siang hari.


Karena, menurut dia, masyarakat tidak bisa hanya mengharapkan polisi mau pun satuan keamanan lainnya untuk menjaga kamtibmas.


Namun juga diperlukan kerja sama dari seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama membangun dan menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing.


"Saya minta agar hal ini serius kita jalankan. Mari kita buat masyarakat kembali merasa diajak berpartisipasi dalam pembangunan kota, terutama menjaga keamanan dan kekondusifan kota yang sama-sama kita cintai ini," katanya.


Pada bagian lain, mantan Kadis Pertamanan Kota Medan itu juga secara khusus mengimbau camat dan lurah untuk terus menggerakkan gotong royong di tengah-tengah masyarakat, karena dinilai memiliki banyak manfaat.


Meskipun kegiatannya sangat sederhana namun manfaatnya sangat besar, seperti jika masyarakat rutin gotong royong membersihkan sampah, saluran parit dan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing, diyakininya banjir mau pun genangan air tidak akan banyak dijumpai lagi pada saat hujan deras turun. ***4***





(T.KR-JRD/B/I023/I023) 18-01-2016 17:56:26

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016