Tebing Tinggi,15/12(Antarasumut) - Menghadapi pasar bebas Mayarakat Ekonomi Asiean (MEA) yang akhir tahun 2015 ini akan segera dilakukan, kesiapan SDM Kota Tebing Tinggi yang nanti menentukan Tebing Tinggi menyedot atau malahan tersedot daerah lain terutama hinterlandnya.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Oki Doni Siregar, saat membuka resmi workshop perencenaan pembangunan partisipatif Kota Tebing Tinggi selasa malam (15/12) Rm.Pondok Bagelen,diikuti 60 orang peserta dari BPMPK,Camat,Lurah,Koordinator PNPM, Bappeda Kab.batu Bara, dan Sekertariat TKPK.

Disampaikan Oki, melaksanakan pembangunan bukan hanya berdasarkan kebutuhan Pemerintah saja, tetapi juga perlu memperhatikan kebutuhan yang diperlukan masyarakat dan tidak hanya sekedar pembangunan fisik saja.

Pembangunan yang dilakukan secara terprogram dengan baik dan benar dan bertujuan semata-mata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,ujarnya.

Dikatakannya, isu positif yang kini sedang berkembang adalah akan rampungnya pembangunan jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi pada tahun 2017, Pembangunan Pelabuhan internasional Kuala Tanjung dan Proyek MP3I KEK Sei Mangkei, semua itu akan membuat suasana baru bagi daerah sekitar proyek-proyek tersebut termasuk Kota Tebing Tinggi.

Kota Tebing Tinggi yang sudah masuk RPJMN menjadi kota penyanggah pertumbuhan ekonomi diwilayah barat, harus punya rencana dan program yang benar-benar matang dan akurat menyahuti kondisi tersebut, dan diperlukan SDM yang siap pakai.ujarnya.

Oki mengatakan, untuk itu diperlukan kegiatan semacam ini untuk terus menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan suatu pembangunan, terutama untuk lurah yang paling tahu apa kemauan masyarakat,karena sehari-hari melayani warga secara langsung.

Saya harapkan peserta dalam workshop ini dapat diikuti secara baik dan tekun sehingga ada manfaatnya, bukan hanya sekedar acara serimonial belaka,katanya.

Dalam Workshop ini diisi oleh 3 narasumber, Gul Bakhri Siregar.SIP.MSi (Ka.Bappeda Tebing TinggI) dengan judul makalah Perencanaan Pembangunan Partisipatif Kota Tebing Tinggi.

Narasumber lainnya Wahyudi Direktur Yayasan Bitra Indonesia Medan dengan judul Peran yayasan Bitra Indonesia dalam perencanaan Partsipatif di Kabupaten dan Kota.

Dan Yusuf Murtiono Direktur Formasi Kebumen Jawa Tengah yang menyampaikan paparan yang berjudul Perencanaan  Pembangunan Partisipatif yang Pro Poor dan responsive Ge

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015