Doloksanggul, 8/12 (Antarasumut) – Kepala Kepolisian Resor Humbanghasundutan AKBP Rustam Mansur mengungkapkan kemungkinan banyaknya potensi yang timbul dalam pelaksanaan Pemilukada Humbanghasundutan yang akan langsung disikapi pihaknya untuk menjaga kekondusifan agenda demokrasi tersebut.

“Akan sangat banyak potensi masalah yang kemungkinan timbul. Kita (Polres) telah membuat pengamanan berlapis. Namun, apapun permasalahan Pemilukada, berujung ke saya. Jadi semua harus benar-benar disikapi. Karena saya siap pertaruhkan jabatan untuk Pemilukada ini,” tegas AKBP Rustam, di tengah rapat evaluasi persiapan akhir terkait pesta demokrasi itu di Pendopo Kompleks Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul, Senin.

Perwira melati dua itu berjanji akan mengambil tindakan tegas atas siapa saja yang mencoba menciderai kekondusifan pelaksanaan Pemilukada yang akan digelar daerah itu pada 9 Desember 2015.

“Kembali saya tegaskan jangan coba bermain-main. Satupun bentuk kejahatan akan ditindak tegas,” ujarnya.

Kehadirannya dalam rapat evaluasi persiapan akhir itu merupakan agenda yang digelar Pemkab Humbanghasundutan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah untuk memastikan kesuksesan pelaksanaan Pemilukada.

Dandim 0210/TU, Letkol Inf Baginta Bangun juga mengingatkan akan Pemilukada Humbahas yang telah menjadi sorotan Nasional akibat kondisi politik. Sehingga, sikap murni dan netral seluruh penyelenggara harus dikedepankan.

“Apapun alasannya, Pemilukada ini harus sukses. Siapa yang berbuat anarkis akan langsung disikapi. Jadi kepada seluruh penyelenggara agar bersikap murni dan netral, karena itu akan mewujudkan pelaksanaan yang berlangsung dengan indah,” sebutnya.

Penekanan untuk menyukseskan Pemilukada tersebut juga disampaikan Pj Bupati Humbahas, Bukit Tambunan yang mengimbau seluruh panitia yang berperan serta dalam penyelenggara perhelatan demokrasi tersebut tetap bersikap netral serta tidak ada bermain-main melaksanakan tugas.

“Seluruh panitia yang terlibat dalam menyukseskan Pemilukada Humbahas tetaplah bekerja sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Jangan sampai ada yang terlibat, apalagi mencoba masuk mendukung calon. Mari kita bersama antarkan Pemilukada ini berjalan sukses,” imbaunya.

Selain kehadiran Kapolres Humbahas AKBP Rustam Mansur, Dandim 0210/TU Letkol Inf Baginta Bangun, dan tentunya Pj Bupati Humbahas, agenda ini juga dihadiri Kejari Doloksanggul, Herus Batubara, Ketua KPU Humbahas, Leonard Pasaribu, Ketua Panwaslih Humbahas, Nelson Simamora, juga para tim monitoring yang terdiri dari PPK, PPS, Panwascam, dan sejumlah pimpinan SKPD/unit kerja serta para tokoh agama.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Rinto Aritonang


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015