Tebing Tinggi,7/12(antarasumut)- Peringatan Hari Juang Kartika 2015, yang acara puncaknya akan dilaksanakan 15 Desember 2015 dipusatkan di Kota Tebing Tinggi dengan menghadirkan 2.014 personil anggota TNI dari berbagai Batlyon dari Kodam I BB dan bertindak sebagai inspektur upacara Pangdam I BB Mayjen TNI Lodewyjk Pusung.

Demikian hasil rapat panitia bersama Pemko Tebing Tinggi dengan Kodam I BB Senin(7/12) diruang data yang dipimpin langsung Walikota Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan bersama Kasrem 021-PT Letkol Inf.Edi Hartono dan Dandim 0204-DS Letkol Inf.Andrian Indrawira.

Disampaikan sebelum dilaksanakan acara puncak 15 Desember 2015 yang dirangkai dengan kegiatan peringatan peristiwa 13 Desember 1945 di Tebing Tinggi akan dilakukan serangkaian kegiatan perlombaan dan bhakti sosial yang dilakukan bersama-sama antara masyarakat dan TNI.

Kegiatan yang dilakasanakan diantaranya lomba baca puisi kepahlawanan yang pesertanya dari siswa SD Se Kota Tebing Tinggi dan Deliserdang,nyanyikan lagu wajib kebangsaan pesertanya untuk SMP dan SMA,SMK, MA se Tebing Tinggi dan Deliserdang, dilaksanakan  8-9 Des.

Pameran Alutsista TNI AD digelar 11-13 Des.2015 bertempat dilapangan Merdeka Tebing Tinggi dengan menampilkan Ran Pjd, SS1-R5,SPR,SMS,MO,Aloptik,Kap Gultor dari Yonif 100/Rider, Yon yonkav 6/S menampilkan Ranpur Anoa,Tank Amx Canon,Jat QCB,SS2-V4, Aldakhura,

Yon Armed 2/105 memamerkan Meriam 105 MM,Jatri SS2-BV4,Yon Yon Zibur 1 dengan Ran dan Kap Jihandak, Jatri SS1-V1 dan Yonarshe 11/BS Mer 57 dan FCS.

Pemaran lainnya dilakukan Hubdam,Bakangdam,Ajendam,Topdam,Kudam,Kumdam,Pomdam,Infolahtahdam,Bintaldam,Paldam,Kesdam,Pendam dan Persit KCK

Dikatakan Walikota melalui Humas Drs.Bambang Sudaryono, dalam rapat tersebut juga telah disusun rencana karya bhakti diantaranya pembuatan Jambanisasi dan Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 8-12 Des, Operasi Bibir Sumbing 15 Des, Donordarah 10 Des,Pendidikan Bela Negara 11-12 Des.

Dalam pelaksanaan puncak acara 15 Desember, dilaksanakan Upacara Parade dengan Irup Pangdam I BB Mayen TNI Lodewijk Pusung diikuti peserta selain TNI juga dari PNS,Ormas dan Pelajar, dan ditampilakan Drama Klosal.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Defile oleh peserta upacara keliling Kota Tebing Tinggi dengan diiringi Drumband Kodam I BB, dan yang paling menarik dari kegiatan ini juga dilakukan terun payung yang pendaratannya di lapangan Merdeka Tebing Tinggi oleh para penerjun TNI. ujar Bambang.

Walikota Umar Zunaidi Hasibuan menyatakan sangat mengapresiasi dan merupakan suatu kehormatan buat Kota Tebing Tinggi yang dihunjuk sebagai tuan rumah kegiatan kemeliteran, mungkin sudah hampir 20 tahun lamanya, tentunya kami sebagai Pemerintah Kota dan masyarakat Tebing Tinggi menyampaikan terima kasih kepada Panglima Kodam-I BB.

Umar Zunaidi Hasibuan berharap kepada masyarakat Kota Tebing Tinggi, sebagai tuan rumah mari kita berikan layanan yang terbaik untuk tamu-tamu yang datang khususnya TNI mengikuti upacara itu nantinya, mari kita saksikan keterampilan TNI yang menjadi kebanggaan kita bersama.

Hadir dalam rapat tersebut dari Pemko Tebing Tinggi Wakil Walikota Ir.H.Oki Doni Siregar,dan para pimpinan SKPD yang siap mensukseskan acara ini, dan Kodam I Pabandia Bhakti Letkol Inf Bahyu Wahyu, Pabandalan Kapten Inf.Deddi dan Pabandatatib Mayor Inf.Sonni 

dari Korem 021-PT Pasiper Mayor Inf.DW.Aritonang, Pasiter Mayor.Inf.Dwi.P.S.AP. serta Danramil 13 Tebing Tinggi Kapten Inf.Salehan dan Dan CPM Tebing Tinggi Kapten.CPM.Antonius Sembiring.    

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015