Seirampah, Sumut, 1/12 (Antara) - Pemerintah Serdang Bedagai terus berupaya meningkatkan kualitas Pegawai Negeri Sipil selaku penyelenggara pemerintah daerah sehingga lebih maksimal dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

"Ini dilakukan karena keberadaan PNS memegang peranan penting bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan," kata Sekdakab Serdang Bedagai Haris Fadillah di Seirampah, Selasa.

Ia mengatakan, kualitas penyelenggara aparatur pemerintah sangat penting, terlebih lagi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan diberlakukannya era perdagangan bebas sehingga menyebabkan tantangan kedepan akan semakin berat.

Kondisi tersebut menuntut PNS harus memiliki daya saing, berkompetisi, dan mampu bekerja sama antarnegara ASEAN secara kompetitif dengan mengedepankan prinsip profesionalisme, inovasi, dan kepemimpinan.

"Artinya kita perlu sumber daya manusia berkualitas, mempunyai kompetensi dan perilaku yang penuh kesetiaan, ketaatan kepada negara dan pemerintah, serta bertanggung jawab sebagai pelayan publik," katanya.

Menurut dia, MEA yang sudah di depan mata, sehingga siap atau suka tidak siap harus dihadapi dengan mempersiapkan diri secara profesional dengan membuat inovasi, efisiensi, dan efektifitas SDM guna bersaingan sehat demi kemajuan bersama.

Dengan demikian, diperlukan pembinaan dan pendidikan agar meningkatkan sikap dan semangat pengabdian kepada masyarakat, kompetensi teknis, serta meningkatkan prinsip efisiensi, efektifitas dan kualitas dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab. ***4***


Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015