Langkat, Sumut, 28/11 (Antara) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, melakukan "jemput bola" ke berbagai pelosok desa yang ada agar warga mempunyai dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, kartu keluarga, dan KTP.


"Kita melakukan pelayanan keliling untuk warga yang memerlukan dokumen kependudukan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Langkat Ruswin di Stabat, Sabtu.


Menurut dia, program tersebut dilakukan agar warga Langkat di berbagai kecamatan bisa terlayani dan mempunyai dokumen kependudukan secara resmi.


Dari catatan selama ini, ada ratusan ribu warga yang belum mempunyai dokumen kependudukan yang diperlukan sehingga pihaknya harus melakukan sistem "jemput bola" melalui pelayanan keliling di semua kecamatan.


Aksi itu dilakukan karena masih rendahnya tingkat kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat berupa kartu keluarga, KTP, akta nikah, akta kelahiran, akta perceraian, akta kematian, dan sebagainya.


Kondisi itu berdampak terhadap tidak validnya data kependudukan, kurang tepatnya penyusunan program pembangunan, terhambatnya warga mendapatkan fasilitas pelayanan umum, bantuan kesehatan dan sebagainya.


"Kita juga sudah melakukan survei dimana berdasarkan keterangan berbagai responden, mereka tidak memiliki dokumen kependudukan karena birokrasi terlalu rumit dan berbelit-belit, biaya besar, dan jarak ke tempat pelayanan yang jauh," katanya.


Untyk itu, Disdukcapil meluncurkan program "jemput bola", dan berdasarkan upaya yang telah dilakukansekitar 1.200 warga telah dibantu untuk proses percepatan dalam kepemilikan dokumen kependudukan.


"Bila mereka mempunyai dokumen kependudukan, maka segala urusan warga akan semakin lancar, itu yang kita lakukan, dan tidak ingin warga kesulitan untuk mendapatkan dokumen itu," katanya.


Disdukcapil Langkat akan terus melakukan sistem tersebut agar warga di berbagai pelosok desa yang ada di Langkat bisa menikmati dokumen resmi yang dibutuhkan. ***4***


(T.KR-IFZ/B/I023/I023) 28-11-2015 19:38:30

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015