Lubukpakam, Sumut, 23/11 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, terus berkomitmen menjadikan wilayah itu menjadi daerah yang "Berseri" atau bersih, rapi, sejuk, rindang dan indah.

"Itu memang sudah menjadi komitmen Pemkab Deliserdang menjadikan daerah `Berseri` seperti yang sudah dicanangkan Bupati Ashari Tambunan," kata Kadis Infokom Deliserdang Neken Ketaren di Lubukpakam, Selasa.

Hal itu ia sampaikan saat ditanya tanggapannya tentang prestasi yang diraih Lubuk Pakam sebagai ibu kota Deliserdang yang meraih penghargaan Adipura untuk katagori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Deliserdang Ashari Tambunan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Senin (23/11) malam, pada malam anugerah lingkungan proper dan Adipura 2015 di Jakarta.

Neken mengatakan, keberhasilan kota Lubuk Pakam meraih Piala Adipura merupakan perwujudan dari komitmen Pemkab Deliserdang untuk menjadikan Deliserdang menjadi daerah yang "Berseri".

Masyarakat berperan aktif menjaga kebersihan dan menata lingkungannya, sehingga kota Lubuk Pakam tertata rapi dan asri.

Tim penilai kota bersih yang turun ke Lubuk Pakam memberikan apresiasi yang akhirnya menetapkan ibu kota Deliserdang itu mendapatkan Piala Adipura kategori kota kecil.

"Pemkab memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan, semangat dan kebersamaan seluruh elemen masyarakat, khususnya masyarakat Lubuk Pakam dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan," katanya.

Kepala Bapedalda Deliserdang Hartini Marpaung mengatakan, penghargaan yang sama juga diberikan kepada 65 kota yang dinilai mampu menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan kotanya yaitu untuk katagori kota kecil sebanyak 32 kota, 5 kota metropolitan, 3 kota kategori kota besar, 25 kota sedang.


Sedangkan kota/kabupaten yang menerima Adipura Kencana dan daerah yang baru pertama kalinya menerima Adipura diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. ***4***


Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015