Langkat, 17/11 (Antara) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Wampu Kabupaten Langkat Sumatera Utara mengoperasikan "water Treathmen Plan (WTP)" hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kapasitas 50 liter/detik buat warga di Kecamatan Binjai.

"Kita sudah operasikan penggunaan WTP kapasiatas 50 liter per detik," kata Direktur PDAM Tirta Wampu Langkat Jufrizal, di Stabat, Selasa.

Jufrizal menjelaskan dari pengoperasian ini sudah terjaring pelanggan baru sekitar 100 sambungan rumah, diharapkan nantinya tahun 2016 skan terpasang 500 sambungan rumah baru.

Guna mendukung program itu pihaknya kini melakukan krjasama dengan Indonesian Urban Water Sanitation and Hygene (IUWASH) dan Forum Komunikasi Pelanggan (FKP) PDAM Tirta Wampu akan meningkatkan penambahan pelanggan baru, khususnya di wilayah Kwala Begumit Kecamatan Binjai.

Upaya itu dilakukan, antara lain dengan membentuk tim promosi yang akan diterjunkan secara door to door (dari rumah ke rumah) sampai rentang waktu satu hingga dua bulan ke depan, katanya.

Jufrizal menjelaskan dengan kapasitas 50 liter per detik itu akan mampu melayani pelanggan sebanyak 3.000-4.000 pelanggan baru, ujarnya.

Untuk itu, langkah-langkah sosialisasi dan promosi harus terus digalakkan, sehingga target tersebut bisa diraih dan pendapatan perusahaan bisa stabil dan ditingkatkan.

Pada kesempatan itu Sekretaris Forum Komunikasi Pelanggan (FKP) Tirta Wampu Langkat Budi Zulkifli meminta terhadap tim promosi pelanggan yang dibentuk agar tetap menjaga keluwesannya karena ini diperlukan dalam menarik minat masyarakat untuk masuk menjadi pelanggan.

"Bekerjalah dengan baik, ajak masyarakat untuk menjadi pelanggan air bersih, karena mempunyai berbagai keuntungan bila dibandingkan mempergunakan sumur bor atau sumur biasa," katanya.

Sementara Kepala Unit Kwala Begumit Hafizullah mengatakan saat ini sedikitnya lima desa dan kelurahan sudah siap untuk dilayani oleh WTP Kwala Begumit, yaitu Kelurahan Kwala Begumit, Desa Suka Makmur, Desa Sendang Rejo, Desa Sambirejo dan Desa Perdamaian.

Biaya masuk menjadi pelanggan baru cukup ringan Rp986.000, sedangkan untuk program mikro kredit biayanya sebesar Rp1.183.200, dengan DP Rp300.000, dan sisanya bisa diangsur sebesar Rp73.600 per bulan selama 12 bulan.

Sedangkan biaya sambungan kembali untuk para eks pelanggan sebesar Rp400.000, dan langsung berurusan ke kantor uniot PDAM Tirta Wampu Kwala Begumit.***4***


(T.KR-IFZ/B/M019/M019) 17-11-2015 10:44:25

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015