Medan, 9/11 (Antara) - Kontingen Sumatera Utara mengirimkan 162 atlet dan 48 ofisial dalam Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera yang digelar di Bangka Belitung, 10-21 November 2015.

Ketua Harian KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis di Medan, Sumut, Senin, mengatakan berdasarkan target yang dibebankan Plt Gubernur Sumatera Utara, dari 10 cabang yang diikuti kategori beregu merupakan andalan untuk meraih medali.

Sedangkan cabang olahraga kategori tunggal diakuinya bukan unggulan Sumut untuk Porwil 2015.

"Memang 10 cabang yang kita unggulkan adalah di cabang beregu.

Sementara perorangan, atletik, renang, panjat tebing ini memang bukan  unggulan kita. Tapi kita akan berusaha maksimal meraih yang terbaik, dan minimal meraih 3 besar," katanya.

Plt Gubernur Sumut Erry Nuradi mengatakan, pada Porwil ini pihaknya berharap agar atlet mampu menjaga harkat dan martabat Sumut serta meraih prestasi terbaik dengan meloloskan atlet sebanyak-banyaknya ke PON 2016 di Jawa Barat.

"Tugas ini tentu menjadi tanggung jawab pengurus KONI, para pelatih, ofisial serta atlet untuk dapat diwujudkan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga siap membantu kontingen Sumut baik yang berlaga di Porwil maupun PON dengan menampung dana APBD-P dan APBD murni 2016.

"Saat ini kita masih sangat prihatin terhadap prestasi atlet Sumut yang masih tertinggal jauh dengan atlet di pulau Jawa, sehingga untuk menembus lima besar PON sulit," katanya.

Menurut dia, Porwil Sumatera itu merupakan langkah untuk menghasilkan para juara, dengan memprioritaskan pada cabang olahraga yang sesuai dengan karakter dan budaya Sumut, khususnya cabang tarung dan atletik.

"Kita mempunyai sejarah yang membanggakan di cabang atletik. kita pernah menduduki posisi 5 besar bahkan atletik meraih 5 medali emas. Semoga ini menjadi motivasi bagi atlet yang bertarung di Porwil tahun ini," katanya.***4***

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015