Tebing Tinggi,30/10(antarasumut)-Puskesmas Satria salah satu dari 5 Puskesmas yang ada di Tebing Tinggi yang khusus melayani warga Kecamatan Padang Hilir, sejak berkembangnya bencana asap.

Setiap harinya, puskesmas  melayani 20-25 orang pasien yang menderita ISPA,"  kata Kepala Puskesmas Satria dr.Alven Julius di ruang kerjanya, Jumat.

Diakui dr.Alven, peningkatan pasien tersebut sejak bencana asap melanda Tebing Tinggi, dalam sehari-hari di Puskesmasnya   melayani warga yang berobat 70 - 90 orang dan 20 - 25 orang diantaranya menderita ISPA.

Dikatakannya adanya terjadi peningkatan mencapai 50 persen setiap bulannya, pada Agustus tercatat khusus ISPA ada 412 orang pasien, dan September 632 orang, dalam waktu 2 bulan ada 1048 orang, belum termasuk bulan Oktober ini ujarnya.

Dari pasien yang berobat tersebut kebanyakan terdiri dari anak-anak dan orang tua lanjut usia, ada juga beberapa pasien terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit, untuk perawatan tingkat lanjutan, karena pada awalnya ISPA bisa saja karena kondisinya berpengaruh ke Paru- Paru, ujar Alven.    

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015