Sidikalang, 1/9 (Antarasumut) - Kantor Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (PPAKB) bekerjasama dengan perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara melakukan kegiatan Operasi MOW (Medis Operasi Wanita) yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Sidikalang, Senin.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan peserta KB baru Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) serta metode metode kontrasepsi untuk wanita yaitu tubektomi.

Yang pada akhirnya berperan dalam mengurangi jumlah resiko angka kematian bagi Ibu dan mengurangi pertumbuhan jumlah penduduk yang setiap tahunnya semakin bertambah.

Kakan PPAKB Dairi, Fatimah Boang Manalu mengatakan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga merupakan program strategis yang harus menjadi perhatian bersama dan penanganannya harus dilakukan secara multi sektor dan bersinergi.

Untuk memastikan tercapainya sasaran pengendalian kuantitas penduduk, penurunan fertilitas dab Unmet Need, maka perlu dilakukan peningkatan akses dan kualitas pelayanan KB yang merata, dengan peningkatan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) melalui kegiatan pelayanan Kontrasepsi Mantap (Kontap), pelayanan Operasi Vasektomi dan Tubektomi.
"Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Kantor Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Sidikalang dan perwakilan BKKBN beserta Tim dari Provinsi Sumatera Utara," katanya.

Ketua IDI Cabang Dairi, dr. Henry Manik mengatakan pada kegiatan tahun ini antusias dari masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut sangat terlihat dengan jelas, terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang mendaftar.

"Animo masyarakat terhadap MOW ini sangat tinggi," katanya.


Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015