Sidikalang, 30/9 (Antarasumut) - Ribuan warga menyaksikan kemeriahan Penutupan Pesta Budaya Njuah-njuah Tahun 2015 di Stadion Panji Sidikalang, Kamis.

Acara penutupan ini dihadiri langsung oleh Bupati Dairi KRA. Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos, Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi, SH, Ketua TP PKK Ny. Dumasi Sianturi, Wakil Ketua TP PKK Ny. Marni br. Sagala, Ketua Dharma Wanita dr. Neni Tinambunan br. Sianturi.

Acara diawali dengan Barisan Marching Band SMA Santo Petrus Sidikalang yang selanjutnya diikuti kontingen barisan Badan/Dinas yang ada di Kabupaten Dairi dan Kontingen 15 kecamatan se-Kabupaten Dairi yang membawa hasil-hasil bumi dan usaha tradisional sebagai “luah” (oleh-oleh).

Kontingen yang dipimpin Kepala Dinas/Badan dan camat masing-masing memasuki arena pesta dengan berjalan kaki dan membawa luah berupa komoditas unggulan dari masing-masing kecamatan yang disambut Bupati dan Wakil Bupati Dairi beserta pejabat lainnya yang dimana seluruh kotingen mengenakan pakaian Adat Pakpak yang didominasi warna hitam.

Sebelum kegiatan acara Penutupan Pesta Budaya Njuah-njuah dimulai SMA Santo Petrus Sidikalang memberikan pertunjukan persembahan Marching Band dan SMP N. 3 Sidikalang dengan Tari Pakpak Kolosal.

Acara juga diisi dengan doa yang dalam bahasa setempat disebut “sodip” dipimpin oleh pengurus Sulang Silima Marga Kudadiri agar masyarakat maupun Pemerintah Dairi mendapat ridho dan berkah dari yang Maha Kuasa.

Demikian juga agar arwah dan roh nenek moyang turut menjaga dan menghindarkan masyarakat Dairi dari bala dan tanah Dairi tetap memberikan hasil yang baik dan melimpah bagi yang mengusahainya sehingga kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai.

Dalam acara Penutupan Pesta Budaya Njuah-njuah ini digelar juga berbagai macam kegiatan seperti, Lomba masak Ginaru, Atraksi Kolaborasi musik tradisonal dari SMK Risma Duma Sidikalang, Atraksi dari polisi cilik, tari budaya minangkabau dengan tari piring dan atraksi debus yang dimana merupakan budaya asli dari masyarakat pakpak.

Ketua Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB LKP) Raja Umar Ujung dalam sambutannya mengapresiasi Pemkab Dairi yang menjadikan Pesta Budaya Njuahjuah sebagai agenda tahunan yang telah lama berlangsung sebagai bagian dari pelestarian budaya Pakpak.

Sekaligus menjadi momen agar generasi muda dapat mengenal, melestarikan, dan mengembangkan kekayaan budaya Pakpak.



Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015