Tebing Tinggi,16/9 (antarasumut)-Lima orang narapidana  berhasil kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tebing Tinggi, Rabu (16/9) sekitar pukul 14.30 wib. 


Ke lima Napi yang kabur terlibat berbagai kasus yakni, Husnul Mannan als Nun( 19 )warga Gampoeng Meu Nasah Pulo Kecamatan Sawang Aceh Utara,kasus Narkotika,Agusti Wijaya Hutabarat als Agus (20) warga Jalan Pattimura Ujung, Tomuan Siantar Timur Kasus Penggelapan,


Budi Gunawan ala Budi warga lingkungan Tanja Napang. Kelurahan Pekan Dolok Masihul, Sergai kasus narkotika, M.Satria warga Senunukan III Blok B Kabupaten Mandailing Natal./ Simpang Lampu Merah Medan Amplas, Dan Subhan als Ba 'an Jalan Protokol Pondok Gemteng Dusun Gunung Pamela, Sipispis,kasus penipuan.


Kelimanya berhasil lolos setelah memanjat tembok menggunakan kabel dan kain sarung disamping pos penjagaan sipir s berdekatan dengan pemukiman warga. dan diketahui setelah adanya laporan dari napi lainnya saat melakukan apel pagi.


Kepala Lapas Klas IIB Budi A. Situngkir di dalam ruangannya mengakui, larinya tahanan dari lapas yang dipimpinnya. “Iya memang ada, dan kami masih mencari kelima tahanan itu, sebelumnya,mereka tinggal di Blok A," katanya.


Dijelaskan dia,  beberapa hari sebelum kejadian ini, mereka sudah mencoba melarikan diri dengan cara melobangi sel yang huni dengan mengali lubang,karena ketahuan kemudian diamankan ke starksel Blok D, yang hanya memiliki jendela kecil.


"Kiranya salah satu diantara mereka menyimpan gergaji besi di dalam sandal jepit,dan tadi pagi saat apel kami melihat kelimanya sudah tidak ada hanya bekas jeruji besi yang telah digergaji terlihat," ujarnya


Kalapas mengakui bahwa pihaknya selama ini terkendala jumlah personel penjagaan dan sudah meminta penambahan pegawai.namun sampai saat ini belum ada realisasi dari Kemenkumham.


Kasat Reskrim Polres Tebing Tinggi, AKP Hasiholan Sinambela membenarkan kejadian tersebut dan saat ini sedang melakukan pencarian terhadap Napi yang melarikan diri. “Sampai sekarang masih kita lakukan pengejaran,' katanya



Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015