Lubukpakam, 11/9 (Antarasumut) - Tim penggerak PKK Deliserdang menggelar seminar anak berkebutuhan kusus dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Keluarga Nasional  (HKN)  tahun 2015.

Ketua TP PKK Deliserdang, Yunita Ashari Tambunan di lubukpakam, Jumat, mengatakan dewasa ini dilingkungan sekitar kita  masih terdapat sebagian anak yang berkebutuhan khusus.

Yakni anak terlambat perkembangannya sehingga perlu dicegah dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dan sesuai dengan  tumbuh kembangnya anak.

Karenanya sejak dini  sangat diperlukan  peran orang tua  maupun lingkungan  untuk memperhatikan perkembangan anak , terlebih bagi yang memiliki kebutuhan khusus.

Sehingga  dapat segera diatasi dengan melakukan pola pengasuhan yang berkualitas yang diharapkan kedepan mereka menjadi generasi yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Narasumber  Tima Margareta Dwirani Zahra yang juga anggota  Ikatan  Isteri DPRD  Provinsi Sumatera Utara menjelaskan   bahwa tumbuh kembang  anak dikatakan bermasalah  jika tahapan pertumbuhan atau perkembangan dilewati atau tidak dilalui bahkan dilompati.

Seperti anak yang sudah berumur dua tahun belum bisa bicara, anak umur 15 bulan belum bisa jalan, anak  belum bisa menulis , anak kalau dipanggil tidak mau datang dan tingkah laku anak  berbeda dengan usia seumurnya.
     
Karenanya  diperlukan pembinaan  tumbuh kembang anak secara komprehensif dan berkualitas sebagai bagian  dari upaya  mewujudkan anak-anak yang cerdas secara intlektual dan emosional dimulai dari sedini mungkin yaitu sejak masih dalam kandungan,masa kelahiran,masa bayi dan  masa anak-anak

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015