Tarutung, Sumut, 2/9 (Antara) – Perusahaan Daerah Air Minum Mual Natio Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara melaksanakan meterisasi gratis tahap pertama bagi 200 pelanggannya yang selama ini masih terdaftar sebagai pelanggan abodemen.


“Penerapan meterisasi gratis untuk 200 pelanggan abodemen atau pelanggan terdaftar yang tidak memiliki meter air ini diharapkan akan berdampak positif pada kelancaran serta pemerataan pendistribusian air bagi pelanggan lainnya,” kata Direktur PDAM  Mual Natio Tarutung Lamtagon Manalu, Rabu.


Menurut Lamtagon, meterisasi yang dilaksanakan atas 200 pelanggan pada tahap pertama ini akan memberikan dampak positif pada kelancaran bagi sekitar 400 pelanggan lainnya, yang telah memiliki meter air.


“Disamping untuk mewujudkan kelancaran pendistribusian bagi seluruh pelanggan. Kegiatan ini juga dilakukan dalam menyikapi hasil analisa sejumlah pihak yang menyatakan bahwa selama ini, Perusahaan telah mengalami kehilangan pendapatan senilai puluhan juta atas tidak diberlakukannya meterisasi pada sejumlah pelanggan abodemen,” sebutnya.


Dalam pelaksanaan meterisasi gratis itu, Lamtagon mengharapkan agar para petugasnya dilapangan memberikan pelayanan jasa pemasangan dengan sebaik-baiknya.


“Kegiatan ini gratis. Jika dilapangan terdapat pembebanan pembiayaan yang ditagihkan petugas pada pelanggan yang menjadi target pemasangan meteran. Pelanggan diminta segera melaporkannya. Kita akan segera memberikan sanksi tegas, ketika laporan tersebut terbukti dilakukan petugas lapangan,” sebutnya.


Lamtagon menyebutkan bahwa nilai rupiah setiap meterisasi gratis yang dilakukan itu mencapai kisaran sekitar Rp.300 ribu bagi setiap pelanggan, yang diterima dalam bentuk satu unit meter air, selang penyambung, serta jasa pemasangan.


“Meterisasi gratis tahap pertama ini akan dilanjutkan dengan meterisasi gratis berikutnya pada bulan Agustus 2015. Jumlah pelanggan abodemen untuk tahap dua tetap sama, yakni 200 pelanggan. Harapan kita, persentase pencapaian sekitar 50 persen dari total jumlah pelanggan abodemen sebanyak 3700 pelanggan akan mampu diwujudkan dalam tahun 2015,” tukasnya. 

Pewarta: Pewarta : Rinto Aritonang

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015