Medan, 23/6 (Antara) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyatakan, PAN harus mampu menang dan menjadi partai politik yang besar dalam Pemilihan Umum tahun 2019.

"Melihat semangat dan soliditas kita, sekarang saatnya (menjadi besar)," katanya ketika membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) V Partai Amanat Nasional (PAN) Sumut di Medan, Selasa.

Selama ini, kata Zulkifli, dalam beberapa kali penyelenggaraan Pemilu, PAN belum berhasil menjadi partai besar karena selalu menempati peringkat lima.

Padahal, PAN yang lahir dari "rahim demokrasi" dan proses reformasi memiliki semua persyaratan untuk menjadi partai besar.

Selain itu, PAN juga tidak memiliki "dosa sejarah" yang dapat memperburuk citra di mata masyarakat dan bisa membelenggu kebesaran partai.

"Dengan modal yang dimiliki, dan saudara-saudara terus bekerja keras, saya yakin (PAN menjadi partai besar)," katanya.

Ia mengatakan, setelah berkeliling ke sejumlah daerah, terutama ke provinsi yang menyelenggarakan muswil, respon publik terhadap PAN cukup luar biasa.

"Paling tidak, orang bilang PAN hebat karena tidak 'berantem', padahal kongresnya luar biasa," kata Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu.

Menurut dia, upaya untuk menjadikan PAN sebagai partai besar tersebut telah dijalankan dengan rutin melaksanakan berbagai kegiatan, meski sedang dalam bulan Ramadhan.

Untuk pengurus tingka provinsi, seluruh daerah diisntruksikan untuk menyelenggarakan muswil paling lama Juli 2015.

Setelah itu, dilanjutkan dengan musyawarah daerah (musda) untuk seluruh kabupaten/kota di Tanah Air yang paling lama telah dilaksanakan pada November 2015.

Setelah itu, pada 2016 dan 2017 PAN sudah berpikir untuk melaksanakan berbagai program dalam meriah kemenangan.

"Itu untuk menyongsong nomor lima (PAN) itu menjadi partai besar," kata Zulkifli Hasan. ***2***Budi Suyanto
(T.I023/B/B. Suyanto/B. Suyanto) 23-06-2015 14:02:27

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015