Medan, (Antara) - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara sampai saat ini belum menerima jumlah keseluruhan siswa SMP sederajat yang lulus dalam Ujian Nasional tahun 2015 dari kabupaten/kota.

"Kita belum tahu berapa jumlah yang lulus, dan berapa pula jumlah yang tidak lulus sejak dikeluarkannya pengumuman pada Hari Rabu (10/6)," kata Koordinator Ujian Nasional (UN) Sumut Agust Sinaga di Medan, Sabtu.

Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut, menurut dia, baru dapat mengetahui jumlah siswa yang kalah atau tidak lulus, setelah menerima laporan dari dinas kabupaten/kota.

"Kalau belum ada laporan, Disdik Sumut tidak tahu, dan harus sabar untuk menunggunya," ujar Agust.

Ia menyebutkan, kemungkinan jumlah siswa di Sumut yang lulus UN tersebut, sedang didata oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota.

Kemudian masing-masing sekolah juga sedang menjumlahkan siswa yang tidak lulus dan yang kalah pada UN tersebut.

Hasil UN untuk SMP sederajat di Sumut tersebut telah diperoleh dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Setelah menerima hasil UN tersebut, Disdik Sumut langsung mengirimkannya ke Dinas Pendidikan di 33 kabupaten/kota.

"Seluruh hasil UN yang dikirimkan ke kabupaten/kota tersebut tidak ada yang rusak," kata Agust.

Data yang diperoleh menyebutkan, sebanyak 3.595 siswa SMP atau sederajat di Kota Tanjungbalai, Provinsi Sumatera Utara, yang mengikuti UN tahun 2015 dinyatakan lulus 100 persen.

Dari 3.595 peserta UN tersebut berasal dari 30 SMP/MTs negeri dan swasta se-Kota Tanjungbalai.

Sedangkan, jumlah peserta UN SMP di Provinsi Sumatera Utara tercatat sebanyak 272.198 siswa dari 3.420 sekolah SMP sederajat di provinsi tersebut.

Jumlah peserta itu terdiri dari SMP 210.655 siswa, SMP Terbuka 1.093 siswa, SMP Luar Biasa 77 siswa, paket B/Wustha 3.063 siswa, Madrasah Tsanawiyah 57.310 siswa. ***4***
(T.M034/B/I. Arfa/I. Arfa) 13-06-2015 21:5

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015