Balige, Sumut, 4/6 (Antara) - Usaid Prioritas menyelenggarakan program pelatihan praktik pembelajaran yang baik tingkat SMP bagi 140 Guru dan Kepala sekolah di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) tentang manajemen pendidikan berbasis sekolah, guna meningkatkan mutu pendidikan di daerah tersebut,
"Lembaga pendidikan kerjasama Amerika Serikat/AS-Indonesia ini menyelenggarakan pelatihan untuk menyebarluaskan praktik pembelajaran berkait dengan pengembangan pembelajaran mengandung prinsip-prinsip pembelajaran aktif," kata Koordinator Daerah Usaid Prioritas Tobasa, Anwar Situmorang di Balige, Sumatera Utara, Kamis.
Praktik yang diselengarakan selama empat hari berturut-turut (3-6) Juni ini, kata dia, juga untuk meningkatkan motivasi dan kompetensi setiap peserta, terutama Guru ataupun Kepala sekolah dalam mengembangkan prinsip-prinsip pembelajaran di kelas.
"Teacher training officier" (pelatih) dari Medan, Sumatera Utara, DR. Sri Minda Murni dan Fasilitator Propinsi antara lain, DR.Syamsidar Tanjung, Anggaraini Thesisia dan Purwanto memberikan pelatihan yang dipusatkan di dua Kecamatan, yakni Balige dan Laguboti.
Menurut Anwar, melalui pelatihan yang diberikan, diharapkan para peserta akan semakin terdorong berinovasi dan mencari solusi untuk masalah yang dihadapi, baik di kelas maupun lingkungan sekolah, terkait dengan peningkatan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan.
"Pelatihan ini terselenggara sebagai tindak lanjut kerjasama Usaid Prioritas dengan Pemkab Tobasa, untuk meningkatkan mutu pendidikan," jelasnya.
Pelaksana tugas (Plt) Bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu menyatakan, pihaknya menyambut gembira kehadiran Usaid Prioritas di Kabupaten yang terletak di pinggir danau Toba tersebut.
Ia berharap para peserta yang mengikuti pelatihan dapat mengimplementasikan praktik pembelajaran dimaksud, agar seluruh siswa dapat mengecap pendidikan berkelas dunia yang dihadirkan oleh Usaid Prioritas.
Menurut Liberty, untuk mewujudkan daya saing nasional dan internasional, dituntut kemampuan menyediakan pendidikan berkualitas agar generasi muda dapat bersaing dalam perkembangan dunia yang semakin bebas.
"Hanya dengan pendidikan bermutu, kita bisa menjamin anak-anak kita menjadi tuan rumah di negaranya sendiri," ujar Liberty. ***4***
(KR-HIN)

Pewarta: Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015