Simalungun, 9/5 (Antara) - Jamaah calon haji asal Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari pemerintah setempat sebagai upaya mendukung kelancaran pelaksanaan ibadah ke Mekkah tahun 2015.

"Pemeriksaan darah, vaksinasi untuk tahun ini juga ditampung dalam APBD 2015, jadi calhaj tidak lagi dikenakan biaya pemeriksaan," kata Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Simalungun, Amran Sinaga, Sabtu.

Panitia kata Amran, mendapat dukungan dan respon dari Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih untuk meningkatkan dan menyempurnakan pelaksanaan haji dari tahun ke tahun.

Tahun-tahun sebelumnya, calhaj masih dibebankan untuk pembayaran sebagian dari pemeriksaan kesehatan seperti darah dan vaksinasi anti influenza.

Pemkab juga menanggung biaya proses dan kelengkapan haji, seperti transport pemberangkatan dan pemulangan, kacu, tas, jas dan uang saku yang besarannya bertambah setiap tahun.

Amran juga mengimbau kepada 135 calhaj menjaga kesehatan diri dengan mengkonsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih, supaya bisa melaksanakan ibadah haji sebaik-baiknya.

Kasi Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Simalungun, sarimauli Siadari mengatakan, telah melakukan pemeriksaan kesehatan awal para calhaj yang dibagi dalam tiga zona.

Layanan pemeriksaan kesehatan dibuka di Puskesmas Serbalawan Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Simpang Bah Jambi Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi dan Perdagangan Kecamatan Bandar.

Pembagian zona kata Sarimauli, untuk memudahkan dan mengefisienkan sistem layanan dari segi pelayanan dari tim medis, juga jangkauan jarak tempuh calhaj. ***4***
(T.KR-WRS/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 09-05-2015 17:15:56

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015