Medan, 7/5 (Antara) -Pemerintah mewacanakan membangun tol laut di kawasan Sumatera guna meningkatkan efisiensi perdagangan termasuk menekan biaya logistik dan kelancaran lalu lintas orang dan barang di kawasan itu
"Rencana tol laut menjadi prioritas utama Pemerintah sebagai upaya mempercepat pembangunan. Pemerintah sudah melakukan persiapan untuk merealisasi pembangunan tol laut, "ujar Dewan Pertimbangan Presiden, (Wantimpres) Bidang Keamanan dan Pertahanan Negara, Subagyo Hadi Siswoyo di Medan, Kamis.

Dia berada di Medan sejak Rabu membahas dan mencari masukan dari Pemprov Sumut menyangkut soal kelautan hingga isu keamanan termasuk ISIS.

Menurut Subagyo, meski dewasa ini, pembangunan tol laut masih sebagian besar diwujudkan untuk kepentingan wilayah Timur Indonesia seperti di Papua yang melayani rute Sorong ke Waisai dan kemudian Surabaya-Makasar.

Tetapi, sudah ada wacana untuk membangun di kepulauan Sumatera.

Alasan untuk membangun tol di kawasan Sumatera itu antara lain mengingat adanya jalur Selat Malaka yang merupakan pelintasan jalur laut antarnegara.

"Pembangunan tol laut sudah menjadi keharusan mengingat semakin dibutuhkannya perdagangan yang cepat dengan efisiensi di berbagai bidang,"katanya.

Subagyo juga mengakui, sejalan dengan program pembangunan tol laut, Pemerintah juga meningkatkan perhatian pada soal tapal batas daerah maupun dengan negara asing.

Dalam waktu dekat misalnya, Pemerintah akan segera menindaklanjuti masalah perbatasan Sumut, Aceh dan Riau.

Tujuan Pemerintah mengatasi masalah perbatasan daerah itu untuk. mewujudkan daerah yang merdeka dan berdaulat.

Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho yang didampingi beberapa pejabat Pemprov Sumut mengatakan, Sumut berharap tol laut di kawasan Sumatera bisa diwujudkan segera mungkin.

"Potensi perdagangan dari dan ke Sumut sangat besar sehingga tol laut memang diperlukan,"katanya.

Semakin diperlukan karena sudah akan masuk era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang memerlukan biaya logistik murah untuk bisa dapat bersaing.

"Pemprov Sumut juga berharap keamanan di laut di kawasan Sumut semakin terjaga untuk kepentingan keselamatan nelayan dan hasil kelautan,"ujar Gatot.***1***
(T.E016/B/I.K. Sutika/I.K. Sutika) 07-05-2015 15:00:59

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015