Pagaran, Sumut, 15/4 (Antara) – Sebanyak 12 Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menerima bantuan masing-masing satu unit handtraktor dari PT Toba Pulp Lestari (TPL) .

Handtraktor yang merupakan bagian program coorporate social responsibility (CSR) perusahaan itu diserahkan secara simbolis oleh Pimpinan TPL kepada Bupati Taput Nikson Nababan, di Halaman Gereja HKBP Desa Sipultak, Kecamatan Pagaran, Taput, Rabu.

Jajaran pimpinan TPL yang diwakili Direktur Juanda Panjaitan, Leonard Hutabarat, serta Sekretaris Tim Independen Hasudungan Butar-butar mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh masyarakat daerah itu yang memperlancar perjalanan operasional perusahaan tersebut.

“Pemberian dana CSR dalam bentuk alat mesin pertanian kepada poktan sudah merupakan tindakan yang tepat. Sebab, dengan keberadaan alat tersebut di tengah-tengah poktan akan menjadi stimulan bagi kegiatan produktif petani. Sehingga, ke depan, diharapkan tingkat perekonomian masyarakat petani menjadi meningkat,” ujar Hasudungan Butar-butar.

Hal senada disebutkan Juanda Panjaitan. Menurutnya, pihaknya akan selalu terbuka dalam pemberian dana CSR bagi masyarakat. Sebab, sebuah keberuntungan yang pantas disyukuri pihaknya, ketika operasional mampu berjalan dengan baik di daerah itu.

“Terimakasih atas dukungan masyarakat Taput, selama ini. Sepanjang TPL masih ada, maka dana CSR akan tetap diberikan tanpa memperhitungkan untung rugi. Jika ada masyarakat yang membutuhkan bibit pohon ecallyptus, kita juga siap untuk memberikannya,” sebut Juanda.

Bupati Taput Nikson Nababan dalam sambutannya menyebutkan bahwa pemerian CSR yang dilakukan oleh PT TPL merupakan bukti kepedulian perusahaan tersebut bagi masyarakatnya.

“Harapan kita, hal ini tetap berjalan. Selain ini, di tahun 2016, setiap Kecamatan se-Taput akan memiliki masing-masing 2 unit alat berat. Untuk itu, partisipasi dari TPL juga kita harapkan untuk mewujudkannya,” kata Nikson.

Ditegaskannya, membangun TapanuliUtara, sudah barang tentu memerlukan kerjasama seluruh elemen masyarakat, baik itu pengusaha ataupun profesi lainnya.

Dalam kesempatan itu, 12 poktan penerima dana CSR berupa handtraktor, masing-masing adalah Poktan Sepakat dari Desa Horison Pagaran, Poktan Bersaudara dari Desa Parhorboan Pagaran, Poktan Perubahan dari Desa Siabal-abal II Sipahutar, Poktan Lamringgas dari Desa Sipahutar, Poktan Liman Jaya dari Desa Onanrunggu Sipahutar, Poktan Pasada dari Desa Parsibarungan Sipahutar, Poktan Partungkoan dari Desa Paniaran Siborongborong, Poktan Saroha dari Desa Bahal Batu Siborongborong, Poktan Sehat Mual Batu dari Desa Sitampurung Siborongborong, Poktan Sehati dari Desa Hutatinggi Parmonangan, serta Poktan Gabe Jaya dari Desa Lumbansiagian Siatasbarita.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015