Tanjungbalai, Sumut,5/3 (Antara) - Wali Kota Tanjungbalai Thamrin Munte, Kamis, meresmikan pengoperasian Instalasi Pengolahan Air (IPA)-3 di areal Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Kualo Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara.

Thamrin Munthe mengatakan, dioperasikannya IPA tersebut hendaknya membawa perubahan yang signifikan terhadap ketersediaan air bersih bagi masyarakat Tanjungbalai.

"Air sangat vital dan menjadi sumber kehidupan bagi kita. Pengoperasian IPA ini diharapkan membawa perubahan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, khususnya pelanggaran PDAM," katanya.

Ia melanjutkan, dalam mengelola sebuah perusahaan, ada beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian direksi dan seluruh jajaran perusahaan tersebut.

Pertama, komitmen, integritas, dan rasa tanggung jawab untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan konsumen. Selanjutnya, transparansi dan responsibiliti bagi publik terhadap hal-hal yang bersifat umum.

Sebelumnya, Direktur PDAM Tirta Kualo Zaharuddin menjelaskan, IPA-3 itu mampu memproduksi 100 liter air bersih per detik yang akan disalurkan kepada ribuan pelanggan di Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai.

Walaupun belum maksimal, katanya, setelah sempat terhenti selama tujuh tahun, pembangunan dilanjutkan dengan biaya Rp10,2 Miliar.

"Setelah pengoperasiannya diresmikan hari ini, maka krisis air bersih yang selama ini terjadi dapat ditanggulangi," katanya.

Zaharuddin juga mengakui pihaknya sedang mengerjakan pembangunan IPA-5 yang dananya bersumber dari APBN. Instalasi pengolahan air ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang ada di Kecamatan Teluknibung.

Kemudian, untuk mewujudkan visi Pemkot Tanjungbalai terhadap pemenuhan air bersih bagi masyarakat, pada 2016 akan dilakukan upgrade IPA-2 dengan cara penambahan volume produksi dari 100 liter/detik menjadi 150 liter per detik.

"Dengan demikian, di tahun 2016 Kota Tanjungbalai akan mengalami surplus air bersih," ujarnya.

Peresmian IPA-3 tersebut ditandai pengguntingan pita oleh Wali Kota Tanjungbalai, didampingi unsur FKPD dan Direktur PDAM Tirta Kualo. ***4*** (KR.YWK)

Sigit Pinardi
(T.KR-YWK/B/S. Pinardi /S. Pinardi ) 05-03-2015

Pewarta: Yan Aswika

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015