Panyabungan, Sumut 2/3 (Antara) - Tiada kesuksesan tanpa perjuangan begitujuga keberhasilan tanpa pengorbanan. Demikian disampaikan Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution saat ditemui di  rumah Dinas di Panyabungan, Senin.

Bupati yang memiliki panggilan akrab "Batu" lahir di Sopo Tinjak 11 Mei 1958 Kecamatan  Batang Natal Kabupaten Madina yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan . Desa kelahiran anak ke- 3 dari lima bersaudara pasangan Alm H Kamaluddin Nasution  dan Almh. Nurjannah Nasution menjalani pendidikan dasar di sekolah rakyat  Tahun 1966.

Pada masanya ayah Dahlan Nasution  menjabat sebagai Kepala Desa selama lima belas tahun,  disamping itu juga bertani untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Sementara ibunya  ibu rumah tangga biasa. Almarhum kedua orang tua Dahlan Hasan sangat keras dan disiplin dalam mendidik anak - anaknya dan tidak jarang memberikan sanksi,  kepada anaknya yang membandel.

"Semua anak  anaknya selalu ditekankan untuk selalu mmbaca Al-Qur'an dan beribadah oleh sang ibu selepas magrib," kata Dahlan Hasan Nasuiton mengenai kebiasaannya semasa kecil.

Setiap pulang sekolah "Batu" selalu membantu almarhum kedua orang tua di ladang dan mencari kayu bakar untuk dibawa pulang ke rumah. setiap magrib anak - anak ditekankan shalat bersama dan membaca Al-Qur'an setelah itu diharuskan belajar malam walaupun lampu penerangan hanya terbuat dari obor, katanya.

Menjelang usia 14 tahun Drs.H.Dahlan Hasan Nasution melanjutkan pendidikan di bangku SMP negeri Natal Kec.Natal dan tinggal bersama udak / paman (papa kantin) di pasar IV Natal. Karena sudah kebiasaan di didik disiplin dan tegas dia juga selalu membantu pekerjaan yang dapat dikerjakan di rumah sang Paman.

Sekitar tahun 1975  dia melanjutkan pendidikan SMA di Padang Sidimpuan yang dulunya masih Kabupaten Tapanuli Selatan dan tinggal bersama abang kandungnya almarhum Wardi Burhanuddin Nasution panggilan akrab WB.

Namun pendidikan SMA di Padang Sidimpuan hanya sampai di bangku kelas II (dua) saja. Akhirnya dia melanjutkan pendidikan ke SMA N 5 Medan dan tinggal bersama Tulang (Saudara Laki – Laki Almarhum dari ibunda) yaitu Mhd. Nasir Nasution yang disaat itu sebagai Camat di Medan Teladan.

Dia selalu pandai menyesuaikan diri meskipun tinggal dengan saudara sendiri dan selalu membantu pekerjaan di rumah seperti kebiaaan yang dilakukannya semasa di kampung halaman.

Pada tahun  1988 Drs.H.Dahlan Hasan Nasution melanjutkan pendidkan di salah satu Fakultas di Sumatera Utara jurusan Ilmu Administrasi Negara untuk Pasca D III dan dilanjutkan pengambilan S 1 pada tahun 1990 dalam pendidikan Fisipol di Universitas  Medan Area.

Disampaing sebagai mahasiswa turut membantu Tulangnya sebagai supir untuk menambah biaya kuliah dalam meringankan ke dua orang tua bahkan disamping itu disaat saat libur Drs.H.Dahlan Hasan juga bertanam padi dan sayur di daerah Percut Sei Tuan Medan.

Karir demi karir begitu juga jabatan sudah diraihnya setelah PNS dia menjabat Pj.Kasubbag Olahraga dan Biro Mental Spritual di Sekwiladasu pada tahun 1986 sampai dengan  1994, Pj.Kabag Pemuda Olahraga dan Peranan Wanita Biro Bina Sosial di Sekwildasu pada tahun 1994 sampai 1998, Pj.Kasubdis Keolahragaan Dispora Provinsi sumatera Utara pada tahun 1998 sampai 2002, Kasubdis Bina Keolahragaan di Dispora Provsu pada tahun 2002 sampai 2003, Kepala Biro Perlengkapan Setdapropsu pada tahun 2003 sampai 2007, Pj.Bupati Madina pada Maret 2005 sampai dengan September 2005, Wakil Bupati Madina pada tahun 2011 sampai 2014, Plt.Bupati Madina pada  tahun 2013 sampai 2014 dan akhirnya menjabat selaku Bupati Madina  pada 09 Oktober 2014.

Drs.H.Dahlan Hasan Nasution selalu berpesan kepada seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Madina  agar benar – benar bekerja dengan baik dan sungguh – sungguh memberikan pelayanan yang baik bagi  masyarakat banyak karena jabatan hanyalah amanah.

Dalam kesuksesannya sampai saat ini, dia selalu menyampaikan tidak akan ada keberhasilan dan kesuksesan tanpa kejujuran, kerja keras kemauan dan ber’doa dan jangan lupa berbaktilah kepada ke dua orang tua, kata Drs.H.Dahlan Hasan Nasution “Batu”.

Pewarta: Mansur Lubis

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015