Batubara,4/11 (Antara Sumut) - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Batubara Azizul Mukahar mengatakan pertanian merupakan salah satu aspek yang memiliki peran utama dalam kesejahteraan masyarakat.

Sektor pertanian memberi sumbangan yang cukup besar untuk keberlangsungan kehidupan masyarakat, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi sehari-hari.

Pertambahan jumlah penduduk yang semakin pesat berkorelasi positif dengan besarnya kebutuhan konsumsi

"Sehingga mendorong upaya peningkatan produksi di berbagai sektor pertanian khususnya tanaman pangan dalam rangka pemenuhan kebutuhan masing-masing individu menuju terciptanya kesejahteraan masyarakat," katanya di Indrapura, selasa (4/11).

Oleh karenanya, dalam rangka meningkatkan produksi tanaman pangan serta pengetahuan tentang upaya pemecahan berbagai permasalahan dalam peningkatan produktivitas.

Dalam upaya peningkatan produksi, produktivitas dan mutu komoditas tanaman pangan diantaranya program Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dengan melibatkan peran serta unsur akademisi dari perguruan tinggi ternama.

Recruitment Tenaga Pendamping Penyuluhan Pertanian sebagai pengawal introduksi teknologi pertanian di tingkat petani, promosi komoditas pertanian unggulan di berbagai event pameran di dalam dan luar daerah.

"Serta pembangunan infrastruktur pertanian berupa jalan usaha tani dan saluran irigasi (JITUT, JIDES, Dam Parit) serta fasilitasi sarana prasarana produksi maupun peralatan pasca panen untuk peningkatan mutu hasil produksi," katanya.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014