Medan, 15/2 (ANTARA) - Sejumlah seniman asal Kota Medan menggelar pameran lukisan yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

         Berbagai lukisan dengan tema "Back To Nature" atau kembali ke alam tersebut dipamerkan di sanggar Himpunan Pelukis Seni Rupa (Himprasi) di Jalan Suprapto Medan, Minggu.

         Dalam pameran tersebut, ditampilkan berbagai lukisan yang menampilkan keindahan alam, mulai dari hutan, gunung, danau, hingga hewan-hewan yang hidup di alam bebas.

         Salah satu pelukis asal Kota Medan Suhendra mengatakan, pameran itu ditujukan untuk menarik minat masyarakat terhadap keasrian lingkungan hidup melalui lukisan.

         Ajakan tersebut sangat penting karena banyaknya elemen masyarakat yang kurang menjaga kelestarian ekosistem lingkungan dengan berbagai alasan.

         Melalui lukisan tersebut, diharapkan masyarakat dapat menyadari bahwa kelestarian lingkungan itu sangat indah dan dapat memberikan kenyamanan dalam hidup.

         "Saya tergerak untuk memamerkan hasil lukisan alam untuk mengingatkan masyarakat bahwa alam ini indah," kata alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu.

         Ketua Komisi E DPRD Provinsi Sumatera Utara Efendi Panjaitan yang menyaksikan pameran tersebut mengapresiasi kegiatan yang mengajak upaya melestarikan lingkungan itu.

         Menurut dia, cukup banyak makna yang dapat diambil dari kegiatan yang berkaitan dengan kelangsungan hidup manusia tersebut.

         Di satu sisi, pameran itu menunjukkan besarnya perhatian kalangan seniman terhadap kelestarian lingkungan yang belakangan mulai banyak yang rusak.

         Di sisi lain, lukisan-lukisan tersebut juga menjadi sindiran bagi pembuat kebijakan di bidang lingkungan agar lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup.

         "Lukisan-lukisan ini indah. Saya ragu kalau kelestarian seperti ini masih ada. Jadi, ini adalah ajakan agar masyarakat tergerak untuk tidak lagi merusak alam," kata politisi PDI Perjuangan itu. ***4***
(T.I023/B/I. Sulistyo/I. Sulistyo) 15-02-2015 18:08:02

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015