Limapuluh, 24/1 (Antarasumut) - PT Inalum (Persero) membuktikan komitmennya untuk peningkatan pendidikan masyarakat di sekitar operasi pabrik peleburan, salah satunya dengan membangun Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

"Diharap TBM ini bisa meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat sekitar," Kata Manager Pemberdayaan Masyarakat Pt.Inalum Arfan Iqbal Harahap, di Limapuluh, Sabtu.

PT Inalum kembali membangun dua TBM di Desa Lubuk Cuik (Lima Puluh) dan Desa Lalang (Medang Deras) yang diserahterimakan secara resmi Selasa (13/1) lalu kepada Kepala Desa Lubuk Cuik, Juliadi dan Kepala Desa Lalang, Sulaiman.

Pembangunan TBM ini dilaksanakan secara partisipatif bersama pemerintah dan masyarakat setempat, sejak November 2014 - Januari 2015.

TBM tersebut dibangun di atas tanah sumbangan pemerintah terkait.

Arfan Iqbal yang didampingi didampingi Ganda Sukmana (Junior Manager Pemberdayaan Masyarakat) dan M Iqbal (CSR Officer) mengatakan, bahwa program ini adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat PT Inalum di bidang pendidikan.

Disamping itu, lanjut, dia, PT Inalum kedepannya bersama pemerintah desa terkait dan Jurusan Perpustakaan USU, akan melakukan monitoring pembinaan dan pemberdayaan terhadap TBM tersebut.

Terutama untuk pengelolaan, arsip, dokumentasi, promosi, kataloging hingga bantuan buku-buku bacaan.

Sementara Kepala Desa Lubuk Cuik, Juliadi dan Kades Lalang, Sulaiman mengaku sangat berterimakasih atas kepedulian PT Inalum tersebut.

"Kami telah membentuk tim untuk mengelola taman bacaan masyarakat ini secara optimal,” kata Juliadi.

Di sisi lain, TBM lainnya yang lebih dulu dibangun PT Inalum di Desa Kuala Indah, kembali meraih juara utama pada perlombaan perpustakaan se-Kabupaten Batubara yang digelar setiap HUT kabupaten tersebut.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015