Lubukpakam, Sumut, 10/1 (Antara) - Polres Deliserdang, Sumatera Utara, menggelar "Aksi Keselamatan Lalu Lintas" 2015 dalam upaya meningkatkan kesadaran pentingnya keselamatan berlalulintas, sehingga dapat menekan tingginya angka kecelakaan.

        Aksi yang digelar di Persimpangan Kayu Besar, Jalan Menuju Bandara Internasional Kualanamu, Sabtu, dirangkai dengan penandatangan oleh masyarakat diatas kain putih, serta penyematan tanda PIN pelopor keselamatan berlalulintas kepada perwakilan TNI, Polri, Pramuka dan pelajar.

        Wakil Bupati Deliserdang Zainuddin Mars dalam kesempatan itu mengatakan angka kecelakaan di Indonesia masih cukup tinggi yang sebagian besar disebabkan oleh kelalaian.

        Menurut data kecelakaan lalu lintas, jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia pada semester I (Januari-November tahun 2014) sebanyak 85.765 kasus dan korban meninggal dunia 26.623 orang.

        Dengan demikian kalau dihitung secara rata-rata maka korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia 2.420 orang per bulan, 81 orang per hari dan 3 orang per jam.

        Membacakan amanat Kepala Korps Lalu Lintas Polri Condro Kirono, Zainuddin mengatakan menyikapi kondisi yang cukup memprihatinkan tersebut, komisi keselamatan jalan dunia telah melaksanakan kampanye mendorong negara-negara di dunia untuk mengadakan aksi keselamatan jalan dalam satu dekade.

        Banyak organisasi internasional bersama institusi pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat melakukan aksi membangun kesadaran keselamatan jalan.

        Korlantas Polri telah melakukan berbagai upaya serta langkah-langkah mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas, diantaranya pencanangan aksi keselamatan jalan Indonesia Tahun 2011-2020.

        Kemudian disusunlah Rancangan Umum Nasional Keselamatan (RUNK) dengan tujuan utamanya adalah mengurangi korban kecelakaan lalu lintas sebesar 50 persen. Mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam aksi penurunan jumlah korban kecelakaan lalu lintas.***2***

(T.KR-JRD/C/Suparmono/Suparmono) 10-01-2015 14:08:01

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015