Medan,   (Antara) - Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga menegaskan, Telkomsel mulai Natal hingga tahun baru 2015 dipastikan bisa melayani lonjakan permintaan layanan data, suara dan pesan singkat (SMS) dari pelanggan karena perusahaan itu sejak awal sudah mengantisipasi dan mempersiapkan diri.

"Pemenuhan layanan itu dipastikan bisa, karena sejak awal manajemen sudah menyiapkan perangkatnya," katanya di Medan, Senin.

Alex yang sudah terpilih sebagai Dirut Telkom itu berada di Medan untuk meresmikan Smart Office Telkomsel Area Sumatera yang menjadi percontohan itu di Medan dan termasuk memberikan bantuan kepada Yayasan Al Kahfi Medan dan bingkisan Natal pada 500 anak panti asuhan di Suara Naviri.

Alex yang didampingi Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid, mengakui, kenaikan terbesar pada Natal dan tahun baru 2015, terjadi pada layanan data seperti halnya saat Lebaran 2014.

Pada Natal dan tahun baru 2015, kenaikan layanan data mencapai 1,100 Terabyte atau naik 26 persen dibandingkan hari normal.

Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1,50 miliar menit atau naik 10 persen dan trafik SMS diperkirakan mengalami kenaikan 137 juta SMS atau naik 14 persen dengan trafik normal hari biasa di tahun 2014.

"Manajemen berterimakasih kepada masyarakat yang telah mempercayai Telkomsel untuk kebutuhan telekomunikasinya dan manajemen terus berupaya meningkatkan layanan," katanya.

Dia menjelaskan, untuk menghadapi lonjakan permintaan layananan itu, dari sisi jaringan Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas, seperti dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) yang ditingkatkan sebesar 214 juta pelanggan atau naik sebesar 1.2 persen dibandingkan kapasitas VLR tahun lalu.

Kapasitas HLR (Home Location Register) tahun ini sendiri masih mencukupi yakni sebesar 303 juta pelangan.

Sedangkan jumlah BSC (Base Station Controller) yang mengkoordinasikan beberapa BTS ditingkatkan menjadi 831 buah atau naik sebesar 8.34 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara peningkatan kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 26 juta pelanggan menjadi 156 juta atau naik sebesar 20 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 130 juta.

Untuk mempermudah peningkatan kualitas layanan dan jaringan, Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap 643 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan mulai Natal 2014 dan tahun baru 2015 yang dikenal dengan sebutan PREMIUM ( singkatan dari Public service, Religious event, Entertaiment event, Malls and Shopping center, Indoor events, Uniqeness dan massive crowd)," katanya.

Dia menegaskan, dengan dukungan 83.000 BTS yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara ditambah mengerahkan 67 Compact Mobile BTS (COMBAT), Telkomsel menjamin kualitas jaringan selama hari besar keagamaa dan tahum baru.

Apalagi dari sisi layanan, Telkomsel menyiagakan 268 armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 1.035 modern channel siaga dan 2.681 outlet siaga serta didukung pula oleh 77 GraPARI Siaga dan call centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur. ***2***
Biqwanto
(T.E016/B/B. Situmorang/B. Situmorang)

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014