Medan, 20/12 (Antara) - USAID prioritas menghibahkan sebanyak 10.800 buku kepada 72 sekolah di Sumatera Utara yakni Medan, Labuhanbatu dan Nias Selatan dalam upaya lebih meningkatkan budaya baca kepada peserta didik di daerah itu.

         "Buku tersebut diharapkan dapat memberi inspirasi dan meningkatkan keterampilan membaca siswa di tingkat pendidikan dasar," kata juru bicara USAID Prioritas Sumatera Utara Erix Hutasoit di Medan, Sabtu.

         Ia mengatakan pihaknya berkomitmen turut mempromosikan tumbuhnya budaya membaca di tingkat pendidikan dasar, yang bertujuan meningkatkan keterampilan dan minat membaca bagi pelajar Indonesia.  Semakin baik keterampilan siswa membaca, maka semakin baik pula kemampuannya menalar pembelajaran.

         "Kemampuan literasi atau membaca siswa di pendidikan dasar, sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar siswa tersebut di kelas selanjutnya. Itu sebabnya kami menghibahkan sekitar 10.800 eksemplar buku untuk 72 sekolah mitra kami," katanya.

         Ia mengatakan membaca masih menjadi budaya asing di sekolah, bahkan banyak sekolah tidak mempunyai program membaca bagi peserta didiknya.

         Laporan UNESCO pada tahun 2012 menyebut hanya 1 dari 1000 orang Indonesia yang punya minat baca serius.

         "Rendahnya minat baca ini juga disebabkan minimnya dukungan buku-buku bacaan yang menginspirasi dan bermutu," katanya.

         Bupati Labuhanbatu Tigor Panusunan Siregar mengapreasi hibah buku dari USAID Prioritas tersebut dengan harapan buku bacaan dan sains tersebut akan menambah minat baca siswa.

         "Selanjutnya, gunakanlah buku-buku ini semaksimal mungkin untuk anak kemenakan kita di sekolah. Jadi, mari kita latih pola fikir anak kemenakan kita sehingga bisa menghasilkan anak-anak didik yang lebih baik dari kita," katanya.

         Program USAID Prioritas adalah program lima tahun yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID), yang didesain untuk membawa pendidikan kelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia.

         Sampai Juni 2014, Program USAID Prioritas telah menjangkau 929 sekolah serta memberikan manfaat langsung kepada lebih 160.000 siswa di Sumut. ***3***
Ridwan Ch 

(T.KR-JRD/B/R. Chaidir/R. Chaidir) 20-12-2014 16:08:05

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014