Tarutung, Sumut,  6/11 (Antarasumut) - Pemkab Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara  menjalin kerjasama dengan PT. BRI Tbk dalam penggajian pegawai negeri sipil (payroll) yang dapat dimanfaatkan  menunjang perekonomian dalam bentuk pinjaman-pinjaman lunak usaha-usaha kecil guna meningkatkan kesejahteraan PNS di kabupaten tersebut .



""Pemkab Taput telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. BRI Tbk dalam bidang penggajian PNS (payroll) serta kerjasama di bidang kesehatan," ujar Bupati Taput, Nikson Nababan, di Tarutung, Kamis.
Dikatakannya, penandatanganan kerjasama itu dilaksanakan di Grandswiss bel Hotel Medan pada Senin (3/11), dirangkaikan dengan penyerahan dua unit mobil ambulans yang disumbangkan pihak BRI untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Taput.
Nikson mengaku, dirinya merasa sangat respek dengan penawaran kerjasama yang ditawarkan pihak PT. BRI tersebut, sebab hasil kerjasama dimaksud dapat dinikmati masyarakat secara langsung.
Jalinan kerjasama tersebut, menurut dia,bukan hanya menunjang perekonomian rakyat, tetapi juga memberikan dampak lain, seperti peningkatan pelayanan di bidang kesehatan, melalui sumbangan mobil ambulans yang dimanfaatkan hingga ke berbagai pelosok desa.
Di samping itu, lanjutnya, kerjasama dalam penggajian PNS  akan memberikan manfaat cukup baik untuk menunjang perekonomian mereka di bidang pertanian dalam bentuk kredit usaha rakyat (KUR).
"Kredit tersebut akan mempermudah mereka mendapatkan permodalan untuk mengembangkan usaha masing-masing, yang tentunya akan berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD)," kata Nikson.
Pimpinan PT. BRI Tbk, Wilayah Sumatera Utara, Ebeneser Girsang menyebutkan, kerjasama yang mereka jalin merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat Tapanuli Utara, yang berdampak langsung bagi peningkatan taraf hidup warga setempat.
Ia berharap, kerjasama itu bermanfaat dalam mencapai visi Tapanuli Utara "sebagai lumbung pangan dan lumbung SDM yang berkualitas serta Daerah Wisata".
Dukungan modal usaha yang diberikan, kata dia, hendaknya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Di samping itu, secara otomatis minat warga untuk menabung di BRI diharapkan juga akan semakin  meningkat.
"Kami berharap kerjasama ini bisa bermanfaat. Hal ini a merupakan komitmen dan kepedulian pihak BRI dalum meningkatkan taraf hidup masyarakat Taput," katanya.
Penandatanganan MoU yang dilakukan Bupati Taput. Nikson Nababan dengan Pimpinan Wilayah Sumut PT. BRI Tbk Ebeneser Girsang itu, disaksikan jajaran pihak BRI, di antaranya, Teddy Winarso (Pinca BRI Medan Gatot Subroto), Harry Gusti (Wapinwil BRI Sumut), Taufik Hidayat (Pimpinan Cabang Tarutung) dan Budi Siswanto (Kabag Dana Jada).
Dalam penanda tanganan tersebut, Bupati Taput didampingi Kadispenloka Taput, James Simanjuntak, Kepala Bappeda Indra Simaremare, Kepala BKD Taput, Ericson Siagian, Kabag Pemerintahan Heber Tambunan Kabag Humas dan Keprotokolan Donna Situmeang, SIP dan Josef Nababan. ***3***
(KR-HIN)

Pewarta: Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014