Panyabungan, Sumut 24/10 (ANTARA) – Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs.Dahlan Hasan Nasution mengatakan, gerakan Pramuka menghidupkan kembali kearifan lokal masing – masing daerah seperti gotong royong.

"Mari kita ciptakan calon – calon pemimpin yang jenius berakhlak mulia dan beretika serta berbudaya. Gerakan peramuka harus bisa menjadi filter bagi generasi muda agar terhindar dari pengaruh narkoba," katanya saat membuka Kegiatan Kursus Mahir lanjutan di halaman SMPN 1 Ranto Baek, kamis

Menurut dia, Gerakan Pramuka mengedepankan proses pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Dengan demikian pendidik berperan sebagai fasilitator bukan dominator.

Ka Kwarcab Madina mengharapkan agar peserta kursus memiliki wawasan yang luas serta keterampilan yang memadai untuk membina gugus depan,
"KML merupakan jenjang pendidikan tingkat tertinggi bagi pembina pramuka dan meningkatkan ilmu pengetahuan, teknologi, struktur dan fungsi budaya masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu dia juga berharap, anggota Pramuka ikut berperan aktif dalam membasmi narkoba di kalangan pelajar. Dan untuk tahun 2015 nantinya kwarcab gerakan peramuka Madina akan segera memiliki bumi perkemahan.

Posisinya terletak di daerah yang sangat sejuk, suasana yang asri, dengan luas areal sekitar 6 hektare dipenuhi dengan keaneragaman hayati.Bumi perkemahan tersebut persisnya di desa Sopotinjak Kecamatan Batang Natal.

Sekretaris Kwarcab Madina Zulkarnaen, S.Pd mengatakan pelaksanaan kegiatan KML golongan penggalang sesuai dengan surat keputusan gerakan pramuka kwarcab Madina No.05 Tahun 2014. Adapun susunan pengurus pusat pendidikan dan pelatihan pramuka tingkat cabang Madina masa bakti 2014-2019.

Pelindung Drs.Dahlan Hasan Nasution, Ketua harian tingkat Madina Drs.M.Yusuf, M.Si, Ka Kwarcab Drs.Musaadad Daulay, MM, Sekretaris Kwarcab Zulkarnaen, S.Pd.

Melalui pelatihan tersebut diharapkan terwujudnya kaum muda Indonesia yang dipersiapkan menjadi manusia yang beakhlak mulia, berbakat tinggi memiliki kecerdasan dan ketrampilan serta sehat jasmani. Pramuka juga memiliki jiwa pancasila setia dan patuh kepada negara Kesatuan Republik Indonesia dan dapat bertanggung jawab atas pembangunan negara baik tinggal lokal, nasional dan internasional katanya.

Kegiatan kursus mahir lanjutan golongan penggalang se Kabupaten Mandailing Natal dihadiri oleh Bupati Mandailing natal yang juga selaku Ka Mabicab, Ka Kwarcab Drs.Musaddad Daulay, Aissten II M.Syafii Lubis, Kepala BNNK Madina AKBP Edi Mashuri Nst, serta Ka Mabiran Ranto Baek H.Ridowan Lubis serta pengurus Kwarcab dan Kwarran dan seluruh pembina pramuka

Pewarta: Mansur Lubis – Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014