Samosir, Sumut,  (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, Sumatera Utara, melalui Badan Ketahanan Pangan berupaya mengembangkan tanaman hortikuktura bawang merah di daerah ini secara lebih intensif.

         "Jangan takut untuk bertani bawang merah, tetapi harus tetap berkoordinasi dengan tenaGa penyuluh lapangan," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Samosir, Erkanus Simbolon, di Samosir, Rabu.

         Erkanus menyampaikan, pihaknya dan pelaksana penyuluhan bersama pemerintahan Kecamatan Sianjur Mula-mula melakukan tanaman percontohan bawang merah di lahan seluas 0,1 hektare di Desa Moho.

         "Varietas bawang merah yang ditanam, yakni Maja, Bali Karet, Bima, Sembari dan Gajah sebagai bahan perbandingan yang lebih baik dan menguntungkan," kata Erkanus.

         Sebeelumnya, pada Senin (20/10), Badan Ketahanan Pangan bersama petani dan Camat Sianjur Mula-mula Darwis Sihombing serta instansi terkait bahkan sudah melakukan panen bawang dengan hasil yang memuaskan.

         "Dari varitas yang ditanam, Maja dan Bima yang kita rekomendasikan untuk dikembangkan di wilayah Kabupaten Samosir untuk mengembalikan kejayaan produktivitas bawang merah," kata Erkanus. ***2*** 

(T.KR-WRS/B/R. Sinaga/C/R. Sinaga) 22-10-2014 19:06:20

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014